PERENCANAAN BISNIS KOPI ROBUSTA WINE MENGGUNAKAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC)

Irvan Ery , Joy Sitohang (2023) PERENCANAAN BISNIS KOPI ROBUSTA WINE MENGGUNAKAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC). FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (48Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1095Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (896Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Wine coffee merupakan kopi fermentasi yang dijemur utuh dan setelah cukup waktu baru dikupas. Aroma kopi yang dihasilkan dari proses fermentasi menyebabkan namanya menjadi Wine coffee karena hampir mirip dengan minuman wine anggur pada umumnya. Wine coffee masih tergolong produk yang berkembang khususnya di Lampung sendiri. Oleh sebab itu, penelitian ini dirancang untuk membuat suatu rancangan bisnis pada produk Wine coffee supaya nantinya seseorang yang akan memulai bisnis memiliki informasi rancangan usaha yang baik. Metode yang digunakan yaitu analisis Business Model Canvas (BMC) yang berdasarkan data-data hasil wawancara terbuka terhadap para ahli, serta observasi dan tinjuan pustaka terhadap artikel atau situs internet yang dapat mendukung proses penelitian. BMC dianalisis berdasarkan sembilan elemen yang dipetakan dalam block bangunan BMC. Hasil penelitian dengan analisis sembilan elemen BMC menunjukkan Costumer segmen yang dituju mulai dari remaja hingga dewasa dengan pendapatan menengah ke atas. Value proposition yang ditawarkan yaitu wine kopi merupakan hasil olahan kopi yang unik dengan cita rasa asam, manis dan segar, aman dikonsumsi karena tidak mengandung alkohol sama sekali. Channel yang digunakan yaitu media online serta reseller Coffeeshop. Customer relationship dibangun dengan mengikuti bazar dan pembuatan website. Key resources yang harus dimiliki yaitu sumber daya manusia, fisik, finansial. Key partner yang bekerjasa yaitu penyedia bahan baku, reseller, jasa pengiriman dan lembaga perizinan. Key activities dimulai pengadaan bahan baku, proses produksi, pemasaran. Cost structure berupa biaya tetap dan biaya variabel. Kata kunci : Model Bisnis, Business Model Canvas, Wine Coffee Robusta.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Teknologi Hasil Pertanian
Pengguna Deposit: 2301947326 . Digilib
Date Deposited: 16 Jun 2023 03:02
Terakhir diubah: 16 Jun 2023 03:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/72314

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir