“PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH DENGAN MEMPERHATIKAN KESIAPAN BELAJAR PADA SISWA KELAS XI IIS 2 DI MAN 1 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2022/2023”

ALFI , RAHMATIA PUTRI (2023) “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH DENGAN MEMPERHATIKAN KESIAPAN BELAJAR PADA SISWA KELAS XI IIS 2 DI MAN 1 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2022/2023”. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (105Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2043Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2046Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tercapainya suatu tujuan pembelajaran dapat dilihat dari hasil belajar yang diperoleh siswa. Hasil belajar dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Dalam faktor internal termasuk didalamnya kesiapan belajar siswa, sedangkan pada faktor eksternal termasuk didalamnya model pembelajaran. Sehingga agar hasil belajar siswa dapat memperoleh hasil baik, guru perlu memilih model pembelajaran yang sesuai dengan memperhatikan kesiapan belajar siswanya. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran flipped classroom. Rumusan masalah penelitian ini yaitu, 1) apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran flipped classroom terhadap kesiapan belajar? 2) apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar sejarah? 3) apakah ada pengaruh kesiapan belajar terhadap hasil belajar sejarah? 4) apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran flipped classroom dan kesiapan belajar secara simultan terhadap hasil belajar sejarah?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen, dengan penentuan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dengan jenis sampling jenuh. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis jalur (path analysis). Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran flipped classroom terhadap kesiapan belajar ditunjukkan dengan nilai (Sig.) 0,009 < 0,05. 2) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar sejarah ditunjukkan dengan nilai (Sig.) 0,006 < 0,05. 3) terdapat pengaruh kesiapan belajar dengan hasil belajar sejarah ditunjukkan dengan nilai (Sig.) 0,043 < 0,05. 4) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran flipped classroom dan kesiapan belajar secara simultan terhadap hasil belajar sejarah dengan nilai (Sig.) 0,032 < 0,05. Sehingga, penerapan model pembelajaran flipped classroom memiliki pengaruh terhadap hasil belajar sejarah melalui kesiapan belajar siswa. Penerapan model pembelajaran flipped classroom dengan ditunjang oleh kesiapan belajar siswa yang baik, dapat membuat hasil belajar sejarah siswa menjadi lebih optimal. Kata kunci: Model Pembelajaran Flipped Classroom, Kesiapan Belajar, Hasil Belajar. The achievement of a learning goal can be seen from the learning outcomes obtained by students. Learning outcomes can be influenced by internal factors and external factors. Internal factors include student learning readiness, while external factors include learning models. So that student learning outcomes can get good results, teachers need to choose the appropriate learning model by paying attention to student learning readiness. One of the learning models that can be used is the flipped classroom learning model. The formulation of this research problem is, 1) is there an effect of the application of the flipped classroom learning model on learning readiness? 2) is there any effect of flipped classroom learning model on history learning outcomes? 3) is there an effect of learning readiness on history learning outcomes? 4) is there any effect of flipped classroom learning model implementation and learning readiness simultaneously on history learning outcomes?. This research used an experimental research method, with the determination of the sample using nonprobability sampling technique with saturated sampling type. The data analysis technique used path analysis technique. Based on this research, it can be concluded that 1) there is an effect of the application of the flipped classroom learning model on learning readiness indicated by the value (Sig.) 0.009 <0.05. 2) there is an effect of the application of flipped classroom learning model on history learning outcomes indicated by the value (Sig.) 0.006 <0.05. 3) there is an effect of learning readiness with history learning outcomes indicated by the value (Sig.) 0.043 < 0.05. 4) there is an effect of the application of flipped classroom learning model and learning readiness simultaneously on history learning outcomes with a value (Sig.) 0.032 <0.05. Thus, the application of the flipped classroom learning model has an influence on historical learning outcomes through student learning readiness. The application of the flipped classroom learning model supported by good student learning readiness can make student history learning outcomes more optimal. Keywords: Flipped Classroom Learning Model, Learning Readiness, Learning Outcomes.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
900 Sejarah dan Geografi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 2301152830 . Digilib
Date Deposited: 16 Jun 2023 03:11
Terakhir diubah: 16 Jun 2023 03:11
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/72325

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir