KARAKTERISTIK DAN EFEKTIVITAS ECO ENZYME BERBAHAN DASAR LIMBAH ORGANIK YANG BERBEDA SEBAGAI PENGAWET BUAH TOMAT (Solanum esculentum Mill.)

PRIMASARI, LINDA SETIAWATI (2023) KARAKTERISTIK DAN EFEKTIVITAS ECO ENZYME BERBAHAN DASAR LIMBAH ORGANIK YANG BERBEDA SEBAGAI PENGAWET BUAH TOMAT (Solanum esculentum Mill.). Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (1097Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1734Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1735Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Eco enzyme merupakan larutan zat organik kompleks yang dihasilkan dari fermentasi limbah organik, gula dan air. Cairan Eco enzyme umumnya berwarna gelap dan memiliki aroma asam/segar yang kuat. Eco enzyme mengandung senyawa asam dan alkohol yang sangat berperan sebagai antimikroba. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui karakteristik eco enzyme berbasis lima limbah organik, yaitu eco enzyme berbahan dasar kulit nanas (P1), kulit jeruk lemon (P2), kulit pisang (P3), potongan batang dan juga daun bayam (P4), dan daun singkong (P5), serta mengetahui efektifitas eco enzyme terhadap proses pengawetan buah tomat (Solanum esculentum Mill.) Penelitian ini terdiri dari 2 tahap penelitian. Pertama, penentuan karakteristik eco enzyme yang berbasis lima bahan organik. Kedua, penentuan efektifias eco enzyme sebagai pengawet buah tomat. Secara kuantitatif dengan 6 perlakuan (P0 kontrol, P1, P2, P3, P4, P5) dengan 4 kali pengulangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik eco enzyme berbasis lima limbah organik sebagai berikut. Keasaman (pH) tertinggi terdapat pada perlakuan P2 sebesar 3,42. Total asam tertinggi terdapat pada perlakuan P5 sebesar 5,25%. Populasi BAL dan populasi yeast tertinggi terdapat pada perlakuan P4 yaitu 2,34 Log CFU/ml dan 2,02 Log CFU/ml. Efektifitas eco enzyme terhadap tingkat keawetan buah tomat terbaik diperoleh dari P4 eco enzyme berbahan dasar bayam yaitu 70 %. Kata Kunci: Buah Tomat, Eco Enzyme, Limbah Organik

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 502 Aneka ragam tentang ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Magister Ilmu Biologi
Pengguna Deposit: 2301048365 . Digilib
Date Deposited: 17 Jun 2023 03:58
Terakhir diubah: 17 Jun 2023 03:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/72387

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir