PENGEMBANGAN e-BOOK INTERAKTIF BERBASIS VISUALISASI MOLEKUL 3D MENGGUNAKAN FLIPPDF PROFESSIONAL PADA MATERI TEORI VSEPR DAN DOMAIN ELEKTRON

YANOTTAMA, RAHARJO (2023) PENGEMBANGAN e-BOOK INTERAKTIF BERBASIS VISUALISASI MOLEKUL 3D MENGGUNAKAN FLIPPDF PROFESSIONAL PADA MATERI TEORI VSEPR DAN DOMAIN ELEKTRON. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3723Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (2432Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilakukan karena perlunya bahan ajar yang dapat memvisualisasikan bentuk molekul secara 3D dan interaktif yang dapat menunjang pembelajaran di era revolusi industri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-Book interaktif berbasis visualisasi molekul 3D pada materi teori VSEPR dan domain elektron, dan mendeskripsikan karakteristik e-Book, serta mengetahui tanggapan guru dan siswa terhadap e-Book yang dikembangkan. Desain penelitian yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan sampai tahap implementasi terbatas. E-Book hasil pengembangan ini memiliki karakteristik dilengkapi dengan soalsoal interaktif, dapat diakses menggunakan atau tanpa internet, dapat diakses melalui laptop dan handphone, dilengkapi dengan visualisasi molekul 3D yang diilustrasikan melalui animasi dari video. Produk e-Book hasil pengembangan divalidasi oleh 2 orang dosen dari pendidikan kimia Universitas Lampung. Hasil validasi pada aspek kesesuaian isi, kemenarikan, dan keterbacaan berturut-turut sebesar 85,93%, 80,48%, dan 85,1%. Implementasi dilakukan di 3 SMA di Bandarlampung dengan hasil persentase rata-rata tanggapan guru pada aspek kesesuaian isi, kemenarikan, dan keterbacaan berturut-turut sebesar 86,97%, 88,33%, 85,42%. Persentase rata-rata tanggapan siswa pada aspek keterbacaan dan aspek kemenarikan berutut-turut sebesar 88,81% dan 86,89%. Kata kunci: e-Book interaktif, visualisasi molekul 3D, Teori VSEPR dan domain elektron

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2301927369 . Digilib
Date Deposited: 19 Jun 2023 02:35
Terakhir diubah: 19 Jun 2023 02:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/72406

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir