PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE PICTURE AND PICTURE DENGAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 2 RAMAN AJI

Friezka , Vanitha Aghesnafizhya Nitisastra (2023) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE PICTURE AND PICTURE DENGAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 2 RAMAN AJI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (701Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2802Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2615Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik peserta didik kelas V SD Negeri 2 Raman Aji. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model cooperative learning tipe picture and picture dengan media flashcard terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 2 Raman Aji. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 46 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa soal pilihan jamak dan teknok nontes berupa lembar observasi keterlaksanaan dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.000 (< = α 0.05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh model cooperative learning tipe picture and picture dengan media pembelajaran flashcard sebesar 2,359 > 2,021 terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SDN 2 Raman Aji Kata kunci:cooperative learning, flashcard, hasil belajar. The problem of this research was the low thematic learning outcomes of students in class V SD Negeri 2 Raman Aji. The purpose of this study was to determine the effect of the application of the cooperative learning model of the picture and picture type with flashcard media on the learning outcomes of the. This type of research is an experimental research design with Non-Equivalent Group Design. The population research were 46 students. Data collection techniques used in this study were test an non-test techniques. The test techniques is in the form of multiple choice question and the non test-techniques is in the form impelentation observation sheets and documentation. Analyzed data used simple linear regression test and t test. Hypothesis tested with Man Whitney test obtained significant value of 0.000 (< = α 0.05). The conclusion of this study is that there is an influence cooperative learning model of the picture and picture type with flashcard media of 2,359 > 2,021 on the learning outcomes of the students in class V SD Negeri 2 Raman Aji. Keywords: cooperative learning, flashcard, learning outcomes

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2301935139 . Digilib
Date Deposited: 19 Jun 2023 03:47
Terakhir diubah: 19 Jun 2023 03:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/72421

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir