PENGGUNAAN TEKNIK PENCATATAN PEMETAAN KONSEP TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI POKOK ORGANISASI KEHIDUPAN OLEH SISWA KELAS VII SMPN 10 BANDAR LAMPUNG

Dian Yustie Anggraeni, 0713024023 (2014) PENGGUNAAN TEKNIK PENCATATAN PEMETAAN KONSEP TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI POKOK ORGANISASI KEHIDUPAN OLEH SISWA KELAS VII SMPN 10 BANDAR LAMPUNG. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. COVER DALAM.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (121Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (138Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (131Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7. PERSEMBAHAN.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
8. MOTO.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
9. SANWACANA.pdf

Download (77Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
10. DAFTAR ISI.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
11. DAFTAR TABEL.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
12. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (4018b) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (98Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (200Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (274Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (138Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik pencatatan pemetaan konsep terhadap peningkatan aktivitas belajar dan penguasaan konsep oleh siswa pada materi pokok Organisasi Kehidupan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan sampel penelitian yaitu siswa kelas VII E dan kelas VII F SMP Negeri 10 Bandar Lampung yang dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling. Desain penelitian adalah pretest-posttest equivalen. Data penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar siswa yang dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes yang dianalisis secara statistik dengan uji t pada taraf kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar siswa yang meliputi aktivitas mengajukan pertanyaan, membaca buku yang relevan, memberikan ide/pendapat, bertukar informasi dan bekerjasama dalam menyelesaikan tugas kelompok dengan menggunakan teknik pencatatan pemetaan konsep lebih tinggi yaitu 76,87% dengan kriteria aktivitas tinggi dibandingkan tanpa menggunakan teknik pencatatan pemetaan konsep. Penguasaan konsep oleh siswa juga mengalami peningkatan rata-rata antara nilai pretes dan postes yang diukur dengan N-gain, pada kelas eksperimen yaitu sebesar 72,44 lebih tinggi dibandingkan dengan N- gain kelas kontrol yaitu 63,47. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan teknik pencatatan pemetaan konsep berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas belajar dan signifikan terhadap penguasaan konsep oleh siswa kelas VII SMP Negeri 10 Bandar Lampung pada materi pokok Organisasi Kehidupan. Kata kunci: pemetaan konsep, aktivitas belajar, penguasaan konsep dan organisasi kehidupan

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
> LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 7593259 . Digilib
Date Deposited: 24 Feb 2015 06:47
Terakhir diubah: 24 Feb 2015 06:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/7244

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir