PENANGANAN MASALAH MULTIKOLINEARITAS DENGAN REGRESI RIDGE, LASSO, DAN ELASTIC-NET PADA KASUS BALITA STUNTING DI INDONESIA

Ameliana , Wijayanti (2023) PENANGANAN MASALAH MULTIKOLINEARITAS DENGAN REGRESI RIDGE, LASSO, DAN ELASTIC-NET PADA KASUS BALITA STUNTING DI INDONESIA. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2422Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (2068Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Regresi Ridge, LASSO, dan Elastic-Net merupakan metode yang umumnya digunakan dalam konteks regresi linear ketika terdapat banyak variabel prediktor dan adanya masalah multikolinearitas. Regresi Ridge digunakan untuk mengurangi overfitting dan mengendalikan varians model dengan menambahkan istilah penalti berupa jumlah kuadrat koefisien pada fungsi objektif yang diestimasi. Serupa dengan Ridge, LASSO menggunakan penalti berupa jumlah mutlak koefisien pada fungsi objektif yang diestimasi. Sedangkan Elastic-Net melakukan penyusutan dan seleksi peubah secara simultan dengan menggabungkan penalti antara Regresi Ridge dan LASSO. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui performa Regresi Ridge, LASSO, dan Elastic-Net dalam menangani masalah multikolinearitas pada data kasus balita stunting di Indonesia. Hasil dari penelitian ini mengindikasikan bahwa Elastic-Net secara lebih efektif mengatasi masalah multikolinearitas jika dibandingkan dengan Regresi Ridge dan LASSO berdasarkan pada pengukuran MSE dan AIC. Kata Kunci: Regresi Ridge, LASSO, Elastic-Net, Multikolinearitas, MSE, AIC.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Matematika
Pengguna Deposit: 2301634186 . Digilib
Date Deposited: 19 Jun 2023 08:53
Terakhir diubah: 19 Jun 2023 08:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/72493

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir