PENGARUH MODEL LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

MERINDA , YUVETA (2023) PENGARUH MODEL LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Learning Start with a Question (LSQ) terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran matematika peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Metro Pusat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design dengan desain two group pretest-posttest design. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan populasi sebanyak 215 peserta didik dengan sampel sebanyak 61 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan non tes. Data dianalisis menggunakan regresi linear sederhana dan memperoleh Fhitung = 4,98 ≥ Ftabel = 4,20 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model Learning Start with a Question (LSQ) terhadap kemampuan berpikir kritis matematika peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Metro Pusat. Kata Kunci: kemampuan berpikir kritis, learning start with a question, matematika, peserta didik sekolah dasar The problem in this study is the low critical thinking skills of students in elementary schools. This study aims to determine the effect of the Learning Start with a Question (LSQ) model on critical thinking skills in mathematics subjects for fifth grade students of SD Muhammadiyah Metro Pusat. The method used in this research is quasi experimental with two group pretest-posttest design. This study used purposive sampling technique and a population of 215 students with a sample of 61 students. The instruments used in this study were test and non test. The data were analyzed using simple linear regression and obtained Fcount = 4,98 ≥ Ftable = 4,20 then H0 was rejected and Ha accepted. The result showed that there was an effect of the Learning Start with a Question (LSQ) model on the critical thinking ability of mathematics class fifth students of SD Muhammadiyah Metro Pusat. Keyword: critical thinking, elementary students , learning start with a question, mathematics

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2301217457 . Digilib
Date Deposited: 20 Jun 2023 01:17
Terakhir diubah: 20 Jun 2023 01:17
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/72518

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir