PENGARUH MOTIVASI MEMBACA DAN MINAT MEMBACA TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI

DELI, MALISDA (2023) PENGARUH MOTIVASI MEMBACA DAN MINAT MEMBACA TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (191Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik peserta didik kelas V SD Negeri 2 Gedong Air. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh antara motivasi membaca dan minat membaca terhadap hasil belajar tematik peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian ex-postfacto korelasi. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VA, VB dan VC yang berjumlah 82 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumen. Instrument pengumpulan data yang digunakan berupa angket skala likert, yang sudah diuji validitas dan reliabilitas. Analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear sederhana dan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi membaca dan minat membaca terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SDN 2 Gedong Air. Motivasi membaca dan minat membaca sangat berdampak pada hasil belajar tematik. Motivasi membaca yang tinggi akan memperkuat hasrat peserta didik untuk memperoleh pengetahuan, minat membaca yang tinggi akan berdampak bagi pemahaman bacaan peserta didik, sehingga berdampak pada hasil belajar yang diperoleh. Kata kunci : hasil belajar, minat membaca, motivasi membaca, pembelajaran tematik. The problem in this study is the low thematic learning outcomes at grade v students of sd negeri 2 gedong air. This study aims to analyze and describe the effect of reading motivation and reading interest on students' thematic learning outcomes. This type of research is quantitative with an ex-post facto correlation research method. The sample in this study was all students in grades VA, VB, and VC, totaling 82 people. Data collection techniques using observations, questionnaires, and documents. The data collection instrument used was a likert scale questionnaire, which had been tested for validity and reliability. The data analysis used is a simple linear regression test and a multiple linear regression test. The results showed that there was a positive and significant effect between reading motivation and reading interest on thematic learning outcomes of grade V students at SD Negeri 2 Gedong Air. Reading motivation and interest in reading greatly impact thematic learning outcomes. High reading motivation will strengthen students' desire to acquire knowledge, high reading interest will have an impact on students' reading comprehension, thus impacting the learning outcomes obtained. Keywords : learning outcomes, reading interest, motivation reading, thematic learning. .

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2301956549 . Digilib
Date Deposited: 20 Jun 2023 04:25
Terakhir diubah: 20 Jun 2023 04:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/72552

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir