PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2021)

Luisa , Gracia Marcellina (2023) PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2021). FAKULTAS EKONIMI, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (3160Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3158Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (3155Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Increasing the value of the company is one of the objectives of the company because, by increasing the firm’s value, it has the ability to compete with other companies, which will provide prosperity for shareholders. The research aims to test and provide empirical evidence on the impact of intellectual capital and leverage on the firm’s value. This study uses quantitative data and secondary data from the annual reports of pharmaceutical companies listed on the Indonesian Stock Exchange for the period 2015–2021. Data analysis techniques in this study use double regression analysis with the help of SPSS 25. The study used nine sample companies selected using purposive sampling methods. The study tested two regression models to look at the influence of intellectual capital with its three shaping components: customer capital, human capital, and structural capital, on the value of the company. The research finds evidence that intellectual capital (VAIC) and its three constituent components (VACA, VAHU, and STVA) have a positive impact on the firm’s value. The leverage projected with DER has no influence on the firm’s value. The research provides implications for consideration by investors to making decisions. This is seen in study factors that may be applied to business strategy and benefit stakeholders. Keyword: intellectual capital, leverage, firm value Meningkatkan nilai perusahaan merupakan salah satu tujuan perusahaan karena dengan peningkatkan nilai perusahaan membuat perusahaan memiliki kamampuan bersaing dengan perusahaan lain, yang akan memberikan kemakmuran bagi pemegang saham. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memberikan bukti empiris mengenai pengaruh intellectual capital dan leverage terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif, dan data sekunder berupa laporan tahunan perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2021. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS 25. Penelitian ini menggunakan sebanyak 9 perusahaan sampel yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menguji dua model regresi untuk melihat pengaruh intellectual capital dengan ketiga komponen pembentuknya yaitu customer capital, human capital, dan structural capital terhadap nilai perusahaan. Hasil penelitian memperoleh bukti bahwa intellectual capital (VAIC) dan ketiga komponen pembentuknya (VACA, VAHU, dan STVA) berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Sedangkan leverage yang diproksikan dengan DER tidak memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan. Penelitian memberikan implikasi berupa pertimbangan bagi investor dalam mengambil keputusan. Hal ini dapat dilihat melalui variabel penelitian yang dapat dijadikan sebagai strategi perusahaan dan memberikan manfaat bagi stakeholders. Kata Kunci: intellectual capital, leverage, nilai perusahaan

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi S1-Akuntansi
Pengguna Deposit: 2301940002 . Digilib
Date Deposited: 20 Jun 2023 07:52
Terakhir diubah: 20 Jun 2023 07:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/72563

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir