PEMBELAJARAN RAGAM GERAK TARI SIGEH PENGUTEN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TGT MELALUI PERMAINAN MOSEN DI SANGGAR TANGGAI LAMPUNG

Nehemia Setia , Ningsih (2023) PEMBELAJARAN RAGAM GERAK TARI SIGEH PENGUTEN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TGT MELALUI PERMAINAN MOSEN DI SANGGAR TANGGAI LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (3341Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pembelajaran ragam gerak tari Sigeh Penguten menggunakan permainan MOSEN dilakukan agar terdapat sebuah kajian tentang model pembelajaran menggunakan permainan MOSEN sehingga memudahkan pelatih dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran ragam gerak tari Sigeh Penguten menggunakan model kooperatif TGT melalui permainan MOSEN di Sanggar Tanggai Lampung. Pendekatan pada penelitian ini yaitu deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah pelatih tari dan peserta didik Sanggar Tanggai Lampung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan model kooperatif TGT melalui permainan MOSEN menggunakan enam tahapan. Tahapan yang pertama yaitu tahapan menyampaikan. Pada ini pelatih menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai mengenai materi ragam gerak tari Sigeh Penguten. Selanjutnya tahapan menyajikan pelatih menyajikan dua puluh dua ragam gerak tari Sigeh Penguten. Selain itu pelatih juga menyajikan bahan ajar permainan MOSEN yang akan digunakan pada saat pembelajaran. Pada tahapan mengorganisasikan guru membagi peserta didik dalam kelompok. Masing-masing kelompok berisi dua peserta didik. tahapan yang keempat yaitu tahapan membimbing. Pada tahapan membimbing pelatih membimbing kegiatan pembelajaran yang berlangsung. Kemudian pada tahapan evaluasi pelatih mengevaluasi pembelajaran dengan menanyakan kepada masing-masing peserta didik apa saja ragam gerak yang sudah dipelajari. Hal ini untuk mengetahui pemahaman yang diperoleh peserta didik. tahapan yang terakhir yaitu penghargaan. Pada tahapan ini pelatih memberikan penghargaan berupa snack karena telah mampu menyelesaikan tantangan dalam menggunakan permainan MOSEN. Kata kunci : Model kooperatif TGT, Mosen, Sigeh Penguten. Learning the various movements of the Sigeh Penguten dance using the MOSEN game is carried out so that there is a study of the learning model using the MOSEN game so that it makes it easier for trainers in the learning process. This study aims to describe learning the range of motion of the Sigeh Penguten dance using the TGT cooperative model through the MOSEN game at the Tanggai Lampung Studio. The approach to this research is descriptive with qualitative research. Sources of data in this study were dance trainers and students of Sanggar Tanggai Lampung. Data collection techniques used are observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques used include data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study indicate that learning uses the TGT cooperative model through the MOSEN game using six stages. The first stage is the delivery stage. At this point, the trainer conveys the learning objectives to be achieved regarding the Sigeh Penguten dance movement material. Next, the stage presents the trainer presenting twenty-two variations of the Sigeh Penguten dance movements. In addition, the trainer also presents teaching materials for the MOSEN game which will be used during learning. At the organizing stage the teacher divides students into groups. Each group contains two students. The fourth stage is the guiding stage. At the stage of guiding the trainer guiding the ongoing learning activities. Then at the evaluation stage the trainer evaluates the lesson by asking each student what kinds of movements have been learned. This is to determine the understanding gained by students. The last stage is the award. At this stage the trainer gives awards in the form of snacks because they have been able to complete challenges in using the MOSEN Keywords: cooperative model TGT, Mosen, Sigeh Penguten.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: 2301066376 . Digilib
Date Deposited: 21 Jun 2023 02:42
Terakhir diubah: 21 Jun 2023 02:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/72659

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir