Devita Amanda, 0856041013 (2015) PERANAN SATUAN POLISI PAMONG PRAJA DALAM MENYELENGGARAKAN KETERTIBAN UMUM GUNA MENINGKATKAN ESTETIKA TATA KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN 2013 (Studi Terhadap Reklame Liar). Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRACT.pdf Download (150Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (126Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (124Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (132Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (139Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (25Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (175Kb) | Preview |
|
|
File PDF
KATA PENGANTAR.pdf Download (67Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR BAGAN.pdf Download (78Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (149Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (144Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (275Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (264Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (92Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (7Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Reklame merupakan salah satu media periklanan yang efektif dan efisien dalam mempromosikan suatu barang atau jasa, karena tata letaknya yang berada di luar ruang membuat siapa saja dapat dengan mudah melihat, memperhatikan, atau mengetahui informasi dari pesan yang tertera dalam iklan tersebut. Namun ada banyak pelanggaran yang terjadi dan ditemukan di lapangan ketika petugas-petugas terkait melakukan penertiban umum secara berkala, baik dalam bentuk perizinan, titik penempatan, maupun ketidaksesuaian reklame dengan Perda/melanggar Perda. Berdasarkan latar belakang di atas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah peranan Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bandar Lampung dalam menyelenggarakan ketertiban umum khususnya dalam menangani permasalahan reklame liar? (2) Kendala-kendala apa sajakah yang dihadapi Satuan Polisi Pamong Praja dalam menertibkan permasalahan reklame liar di Kota Bandar Lampung? Berdasarkan latar belakang dan rumusan masalah di atas maka metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, metode penelitian deskriptif kualitatif bertujuan untuk menggambarkan kejadian atau fenomena sesuai dengan apa yang terjadi di lapangan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (1) Badan Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bandar Lampung bertanggung dalam membantu peran Kepala Daerah (Walikota) karena bagian dari tugas pokok dan fungsinya sebagai aparat daerah; (2) Peranan Badan Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bandar Lampung dalam menyelenggarakan ketertiban umum khususnya dalam menangani permasalahan reklame liar berdasar pada Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2010 tentang Satuan Polisi Pamong Praja; (3) Satpol PP menjalankan tanggung jawabnya untuk menangani permasalahan reklame liar berdasar pada program kegiatan yang disusun untuk rencana kerja selama setahun, program yang dibuat berdasar pada permasalahan yang berkembang di masyarakat dengan harapan pelaksanaan program bisa berjalan lebih efisien dan efektif. Hal tersebut dilakukan untuk mendukung pelaksanaan kebijakan, penegakkan Perda, dan Keputusan Kepala Daerah agar tercipta ketenteraman masyarakat dan ketertiban umum. Dalam melaksanakan kewajibannya, Badan Satpol PP berkoordinir dengan pihak-pihak terkait lainnya, khusus masalah reklame, Satpol PP bekerja sama sebagai tim dengan Badan Penanaman Modal dan Perizinan (BPMP), Dinas Tata Kota (Distako), Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu). Badan Satpol PP juga melakukan tindak pengawasan kepada masyarakat dengan pendekatan persuasif yang bertujuan agar masyarakat lebih terbuka kepada aparat pemerintahan, dengan harapan Badan Satpol PP nantinya akan lebih mudah memberi pengertian kepada masyarakat agar lebih taat aturan dan sadar hukum; (4) Kendala-kendala yang dihadapi oleh Satpol PP dalam menangani masalah reklame liar adalah: a) masyarakat mempunyai kecenderungan tidak taat pada peraturan terbukti dengan masih ditemukannya pelanggaran dalam bentuk apapun, contohnya saja pelanggaran Perda dalam penyelenggaraan reklame; b) belum optimalnya diklat teknis atau fungsional bagi personil Polisi Pamong Praja; c) Lingkungan kerja yang kurang kondusif berdasar pada minimnya sarana dan prasarana yang dimiliki. Kata Kunci: Peranan, Ketertiban Umum, Reklame Liar. ABSTRACT Advertisement is one of media advertising that effective and efficient to promote an item or service, because it’s located in outside space make anyone can easily see, noticed, or knowing about the information of listed message in the ads. But there are many transgressions happened and been found in field when related officers doing public control periodically, either in license forms, spot of placement, nor incongruity the ads with regional regulation/ transgressing the regional regulation. Based on the background above thus the formulation of the problem in this research are (1) How’s the role of Satuan Polisi Pamong Praja Bandar Lampung City in held the public order especially to handle the illegal advertisement problem? (2) What is the resistances that faced by Satuan Polisi Pamong Praja in disciplining the illegal advertisement problem in Bandar Lampung City? Based on the background and formulation of the problem, thus the research methods that used is qualitative descriptive, this methods aims to describe the cases or the phenomenon that appropriate in the real. Based on the result of research was known that (1) Satuan Polisi Pamong Praja of Bandar Lampung City is responsible to support the role of mayor because that’s a part of their function and main duty; (2) The role of Satuan Polisi Pamong Praja of Bandar Lampung City in held the public order especially to tackle illegal advertisement problem based on Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2010 about Satuan Polisi Pamong Praja; (3) Satpol PP implement their responsibility to tackle illegal advertisement problem based on the program activities that composed for a year work plan, the programs made based on the problem that happening in citizens with hopes the implement of programs will be work efficiently and effectively. That’s for support the implement of policies, enforcement of regional regulations, the decisions of regional head in order to created public peace and public order. In discharge their liabilities, Satpol PP coordinate with other entities, especially for advertisement problem, Satpol PP coordinate with Badan Penanaman Modal dan Perizinan (BPMP), Dinas Tata Kota (Distako), Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu). Satpol PP also controlling peoples with persuasive approach so peoples will be open with the officer and it’ll be easier to Satpol PP to give understanding for the peoples to law-abiding; (4) The obstacles that faced by Satpol PP to tackle illegal advertisement problem are: a) Peoples have tendency to disobedient the rules, it proven by founded many of transgressions in peoples, for example is the illegal advertisements problem, b) Training and brief education for Satpol PP still not optimal, c) The fieldwork is not too condusive because of less equipment and facilities. Key Word: The Role, Public Order, Illegal Advertisements.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > HD Industries. Land use. Labor > JS Local government Municipal government |
Program Studi: | Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Administrasi Negara |
Pengguna Deposit: | 9899635 . Digilib |
Date Deposited: | 23 Feb 2015 07:59 |
Terakhir diubah: | 23 Feb 2015 07:59 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/7271 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |