PROSES KREATIF PENCIPTAAN TARI PADA EKSTRAKURIKULER DI SMA ISLAM KEBUMEN

AHMAD FAISAL , AKBAR (2023) PROSES KREATIF PENCIPTAAN TARI PADA EKSTRAKURIKULER DI SMA ISLAM KEBUMEN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1923Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1924Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana Proses kreatif penciptaan tari pada ekstrakurikuler di SMA Islam Kebumen. Terdapat tahapan dalam melakukan proses kreatif yaitu dorongan untuk membuat, bekerja dengan media, mewujudkan bentuk akhir, respon dan evaluasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses kreatif penciptaan tari pada ekstrakurikuler di SMA Islam Kebumen meliputi beberapa tahapan yaitu: 1) Guru dan siswa melakukan diskusi untuk menentukan ide gagasan yang akan dijadikan sebuah karya tari., 2) siswa menonton video tari piring dua belas sebagai rangsang visual., 3) Siswa melakukan eksplorasi gerak dari hasil gagasan dan rangsang visual, pada tahap ini terdapat rangsang kinestetik., 4) Siswa melakukan persentasi gerak secara mandiri., 5) guru mengevaluasi hasil eksplorasi gerak siswa., 6) Siswa membentuk kelompok dan menyatukan gerakan dari hasil eksplorasi gerak dengan menggunakan properti., dan 6) Guru melakukan evaluasi kembali kepada siswa. Kata kunci: proses kreatif, rangsang, penciptaan tari. ABSTRACT This study aims to describe how the creative process of creating dance in extracurriculars at Kebumen Islamic High School. There are stages in carrying out the creative process, namely the urge to create, work with the media, realize the final form, respond, and evaluate. The method used in this study is a qualitative method by data collection techniques there are observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques are conducted through data collection, data reduction, data presentation, and conclusion. The results of the study show that the creative process of creating dance in extracurriculars at Kebumen Islamic High School includes several stages, namely: 1) the teacher and students hold discussions to determine the ideas that will be made into a dance work., 2) students watch the video of the Plate Dua dance as a visual stimulus, 3) students carry out motion exploration of the ideas and visual stimuli, at this stage there are kinesthetic stimulation, 4) students perform motion presentations independently., 5) the teacher evaluates the results of students' exploration of motion, 6) Students form groups and unite movements from the results of motion exploration using properties, and 6) The teacher evaluates again to students. Keywords: Creative process, stimulate, dance creation.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 700 Seni, seni rupa, kesenian
700 Seni, seni rupa, kesenian > 704 Topik khusus dalam bidang kesenian dan karya seni
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: 2301848774 . Digilib
Date Deposited: 21 Jun 2023 04:33
Terakhir diubah: 21 Jun 2023 04:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/72720

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir