PENGARUH TEKNIK MEMBACA SKIMMING TERHADAP KECEPATAN EFEKTIF MEMBACA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

SYAFRIA, RAHMA ANNISA (2023) PENGARUH TEKNIK MEMBACA SKIMMING TERHADAP KECEPATAN EFEKTIF MEMBACA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (175Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2537Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2396Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini membahas tentang pengaruh teknik membaca skimming terhadap kemampuan kecepatan efektif membaca pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Pekalongan, pada pembelajaran bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknik Skimming terhadap kemampuan kecepatan efektif membaca siswa kelas X SMA Negeri 1 Pekalongan dengan menggunakan teks nonsastra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Metode eksperimen merupakan suatu penelitian yang berusaha mencari pengaruh variabel tertentu terhadap variabel lain dalam kondisi yang terkontrol. Tahapan dalam metode penelitian ini yakni tes awal tanpa diberi perlakuan, dan tes diberi perlakuan sesuai rancangan eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga hipotesis. Hipoteisis pertama menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan kecepatan efektif membaca yang signifikan antara tes awal dan tes akhir pada kelas eksperimen, hipotesis kedua ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan kecepatan efektif membaca yang signifikn antara tes awal dan tes akhir pada kelas kontrol, hipotesisi ketiga dilakukan untuk mengetahui kemampuan kecepatan efektif membaca antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil pengujian hipotesis yang dilakukan menunjukkan bahwa teknik skimming mampu meningkatkan kecepatan efektif membaca siswa SMA Negeri 1 Pekalongan pada kelas X. Hal ini juga didukung dari hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil pengujian hipotesis T-tes menggunakan program SPSS Stastistic 25 for windows dapat kita lihat bahwa nilai > yaitu 2,782 > 2,060 dan nilai sig 0,008 < 0,05 hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh kecepatan efektif membaca pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kata kunci: Kemampuan Kecepatan Efektif Membaca, Skimming

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 2301917063 . Digilib
Date Deposited: 21 Jun 2023 06:45
Terakhir diubah: 21 Jun 2023 06:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/72751

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir