PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REVERSIBLE THINKING MATEMATIS PESERTA DIDIK

AURA , PURWANINGRUM (2023) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REVERSIBLE THINKING MATEMATIS PESERTA DIDIK. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (100Kb) | Preview
[img] File PDF
2. TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3192Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2671Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis open-ended yang berorientasi pada kemampuan reversible thinking matematis peserta didik yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan Borg & Gall yang dimulai dari penelitian dan pengumpulan data, perencanaan pengembangan desain produk awal, uji coba lapangan awal, revisi uji coba lapangan awal, uji coba lapangan. Subjek penelitian adalah peserta didik SMP Negeri 2 Purbolinggo Lampung Timur pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Data dari penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan tes kemampuan reversible thinking matematis peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis open-ended pada materi penyajian data memenuhi kriteria valid dan praktis dengan kategori sangat baik. Selanjutnya rata-rata skor N-Gain kemampuan reversible thinking matematis peserta didik setelah menggunakan LKPD berbasis open-ended lebih dari rata-rata skor n-gain kemampuan reversible thinking matematis peserta didik yang tidak menggunakan LKPD berbasis openended. Sehingga LKPD berbasis open-ended efektif untuk meningkatkan kemampuan reversible thinking matematis peserta didik. Dapat disimpulkan bahawa LKPD berbasis open-ended memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan reversible thinking matematis peserta didik. Kata kunci: LKPD, open-ended, kemampuan reversible thinking

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2301115652 . Digilib
Date Deposited: 22 Jun 2023 01:45
Terakhir diubah: 22 Jun 2023 01:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/72859

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir