KEMAMPUAN PRODUK BIOINSEKTISIDA KOMERSIAL BERBAHAN AKTIF Metarhizium sp. DALAM MENYEBABKAN KEMATIAN LARVA Oryctes rhinoceros L.

Moch Fakhmi , Fakhrurreza (2023) KEMAMPUAN PRODUK BIOINSEKTISIDA KOMERSIAL BERBAHAN AKTIF Metarhizium sp. DALAM MENYEBABKAN KEMATIAN LARVA Oryctes rhinoceros L. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (357Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2626Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHSAN.pdf

Download (2316Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Kumbang badak (Oryctes rhinoceros L.) dilaporkan menyerang hampir seluruh perkebunan kelapa dan kelapa sawit di Indonesia. Insektisida sintetis masih menjadi pilihan utama untuk mengendalikan hama tanaman, termasuk kumbang badak. Penggunaan insektisida sintetis dilaporkan memberikan efek yang lebih cepat dalam pengendalian O. rhinoceros, namun pengendalian ini cenderung mahal dan dapat berdampak negatif terhadap lingkungan dan masyarakat. Metarhizium sp. merupakan salah satu agensia pengendali hayati yang diketahui memiliki kemampuan infeksi yang sangat luas pada berbagai jenis serangga khususnya O. rhinoceros. Namun, hingga saat ini belum diketahui kemampuan bioinsektisida formulasi kering berbahan aktif Metarhizium sp. dalam mengendalikan O. rhinoceros. untuk itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan produk bioinsektisida dalam menyebabkan kematian larva O.rhinoceros. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan bioinsektisida formulasi kering berbahan aktif Metarhizium dalammenyebabkan mortalitas larva O. rhinoceros. dan dosis efektif bioinsektisida tersebut. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL), dengan 5 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan yang diuji yaitu 37,5 g (P1), 28,13 g (P2), 18,75 g (P3), 9,38 g (P4), dan kontrol tanpa perlakuan(P5). Satuan percobaan pada penelitian ini berupa toples berukuran 1000 ml yang berisi serbuk batang kelapa sebanyak 500 g. Setiap satuan percobaan terdapat 5 ekor larva O. rhinoceros, diulang lima kali dan setiap ulangan terdiri dari lima sampel percobaan. Dilanjutkan analisis lanjutan menggunakan Uji BNT taraf 5%. hasil penelitian produk bioinsektisida komesial berbahan aktif Metarhizium sp. mampu menyebabkan mortalitas larva O. rhinoceros. Dosis efektif Metarhizium sp. untuk mengendalikan larva O.rhinoceros pada penelitian ini yaitu sebesar 18,75 g dengan rata-rata mortalitas sebanyak 76,00% Kata kunci : Metarhizium sp., O.rhinoceros, bioinsektisida

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi S1-Proteksi Tanaman
Pengguna Deposit: 2301420378 . Digilib
Date Deposited: 22 Jun 2023 04:28
Terakhir diubah: 22 Jun 2023 04:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/72943

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir