EFEKTIVITAS STRATEGI PROMOSI BPJS KETENAGAKERJAAN DALAM MENINGKATKAN KEPESERTAAN PADA PEKERJA SEKTOR INFORMAL (Studi pada BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Bandar Lampung)

Vivi Pusvitha, Ida (2023) EFEKTIVITAS STRATEGI PROMOSI BPJS KETENAGAKERJAAN DALAM MENINGKATKAN KEPESERTAAN PADA PEKERJA SEKTOR INFORMAL (Studi pada BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Bandar Lampung). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (25Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3927Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3843Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini membahas tentang efektivitas strategi promosi yang dilakukan dalam meningkatkan kepesertaan pekerja sektor informal pada BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Bandar Lampung. Mengenai metodenya, penelitian ini menggunakan metode survei dan pendekatannya adalah kuantitatif. Dilihat dari tujuan penelitian, penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan teknik purposive. Populasi penelitian ini adalah pekerja informal yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bandar Lampung. Dalam penelitian ini jumlah sampel adalah 100 responden dan informasi dikumpulkan melalui kuesioner. Tools yang diaplikasikan untuk analisis data pada penelitian yang dilakukan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi yang digunakan oleh BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Bandar Lampung yang terdiri dari advertising memiliki nilai rata-rata 3,044 berada dalam rentang skala kategori cukup efektif, personal selling dengan nilai rata-rata 4,052 masuk dalam kategori efektif, direct marketing nilai rata-rata sebesar 4,003 dengan kategori efektif, PR masuk kategori efektif dengan rata-rata 3,58 dan word of mouth masuk kategori efektif dengan rata-rata 4,06. Dalam hal ini, BP Jamsostek Bandar Lampung perlu meningkatkan upaya periklanannya melalui media sosial dan sosialisasi untuk menjangkau pekerja bukan penerima upah. Kata Kunci : Efektivitas, Bauran promosi, BPJS Ketenagakerjaan, Pekerja Informal This study aims to determine the effectiveness of the promotion strategy carried out in increasing the participation of informal sector workers at the BPJS Employment Branch of Bandar Lampung. This type of research is descriptive research with a survey method with a quantitative approach. The population of this study is informal workers who are registered at the BPJS Ketenagakerjaan Branch Office in Bandar Lampung. The sampling technique used purposive sampling with a sample of 100 respondents. The data was obtained by using an online questionnaire. Analysis of the research data using descriptive statistical analysis. The results showed that the promotion strategy used by BPJS Ketenagakerjaan at the Bandar Lampung Branch Office was within the effective category scale range. The promotion strategy consisting of advertising has an average value of 3.044 in the range of the quite effective category, personal selling with an average value of 4.052 is included in the effective category, the average value of direct marketing is 4.003 in the effective category, public relations with an average value an average of 3.58 is in the effective category and word of mouth with an average value of 4.06 is in the effective category. So in this case it is necessary to increase the effectiveness of each variable by improving indicators that have not yet reached the effective category. Keywords :Effectivity, Promotion mix, BPJS Employment, Informal Workers.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 303 Proses sosial
300 Ilmu sosial > 307 Komunitas
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Administrasi Bisnis
Pengguna Deposit: 2301534770 . Digilib
Date Deposited: 22 Jun 2023 08:49
Terakhir diubah: 22 Jun 2023 08:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/73023

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir