PENGGUNAAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM PADA SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH MATHLA’UL ANWAR GISTING TAHUN AJARAN 2019/2020

SINTIA , ASTARIANA (2022) PENGGUNAAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM PADA SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH MATHLA’UL ANWAR GISTING TAHUN AJARAN 2019/2020. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (65Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (782Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (633Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya tingkat self esteem pada siswa. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan self esteem siswa melalui teknik assertive training di MA Mathla’ul Anwar Gisting. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain times series design. Subjek penelitian sebanyak 7 siswa yang didapat dari data pre-test. Teknik pengumpulan data menggunakan skala self esteem. Hasil penelitian menunjukkan nilai Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 dengan taraf signifikan 0,01. Karena nilai 0,001 < 0,05, dengan demikian Ho di tolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat pengaruh signifikan terhadap self esteem siswa sebelum dilksanakan layanan konseling kelompok dengan teknik assertive training skor siswa meningkat lebih tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan setelah diberikan layanan konseling kelompok teknik assertive training pada siswa kelas XI Ma Mathla’ul Anwar Gisting. Kata kunci: konseling kelompok, self esteem, assertive training The problem in this study is the low level of self-esteem in students. The purpose of this study was to increase student self-esteem through assertive training techniques at MA Mathla'ul Anwar Gisting. This study uses a quasi-experimental method with a times series design. The research subjects were 7 students obtained from pre-test data. The data collection technique uses a self-esteem scale. The results of the research show the value of Asymp.Sig. (2-tailed) of 0.001 with a significant level of 0.01. Because the value is 0.001 <0.05, thus Ho is rejected and Ha is accepted, which means that there is a significant influence on student selfesteem before the group counseling service is carried out with the assertive training technique. Students' scores increase higher. The conclusion of this study is that there is a significant effect after being given group counseling services using assertive training techniques to class XI Ma Mathla'ul Anwar Gisting students. Keywords: group counseling, self esteem, assertive training

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: 2301670218 . Digilib
Date Deposited: 23 Jun 2023 01:09
Terakhir diubah: 23 Jun 2023 01:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/73027

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir