PERAN PENUNTUT UMUM DALAM MEWUJUDKAN ASAS PERADILAN CEPAT, SEDERHANA DAN BIAYA RINGAN BERDASARKAN RESTORATIVE JUSTICE ( Studi di Kejaksaan Negeri Bandar Lampung )

Tri Buana , Mardasari (2023) PERAN PENUNTUT UMUM DALAM MEWUJUDKAN ASAS PERADILAN CEPAT, SEDERHANA DAN BIAYA RINGAN BERDASARKAN RESTORATIVE JUSTICE ( Studi di Kejaksaan Negeri Bandar Lampung ). Masters thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL (2).pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2744Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS FULL TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (2500Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Kejaksaan khususnya Jaksa Penuntut Umum memiliki peran yang penting untuk terwujudnya asas peradilan cepat, sederhana dan biaya ringan serta dengan adanya terobosan Restorative Justice yang sedang digaungkan oleh Jaksa Agung sebagai alternatif penanganan tindak pidana yang mengedepankan pemulihan keseimbangan hubungan antara pelaku tindak pidana dan korban serta mengakomodir nilai-nilai dasar yang terkandung dalam keadilan restorative. Kenyataan nya tidak semua perkara dapat disetujui untuk dilakukan restorative justice sehingga dibutuhkan peran penuntut umum dalam memaksimalkan penyelesaian perkara berdasarkan asas peradilan cepat, sederhana dan biaya ringan dengan tetap mengedepankan semangat restorative justice. Permasalahan dalam penulisan tesis ini adalah Bagaimana Peran Penuntut Umum dalam mewujudkan asas peradilan cepat, sederhana dan biaya ringan berdasarkan restorative justice dan Mengapa terjadi hambatan dalam memaksimalkan implementasi asas peradilan cepat, sederhana dan biaya ringan berdasarkan restorative justice di Kejaksaan Negeri Bandar Lampung? Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis normatif dan yuridis empiris, peran yang dilakukan oleh penuntut umum dalam mewujudkan asas peradilan cepat, sederhana dan biaya ringan berdasarkan restorative justice adalah melakukan penyelesaian terhadap perkara yang telah dilaksanakan secara restorative justice namun tidak mendapatkan persetujuan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum dengan mengimplementasikan asas peradilan cepat, sederhana dan biaya ringan dengan mengunakan instrument pelimpahan perkara dengan acara pemeriksaan singkat sebagaimana yang diatur didalam Pasal 203 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1981 tentang Hukum Acara Pidana. Saran yang disampaikan oleh penulis agar sebaiknya penyelesaian perkara berdasarkan restorative justice prosesnya lebih disederhanakan dan terhadap perkara yang tidak disetujui restorative justice agar dilimpahkan kepengadilan dengan acara pemeriksaan singkat guna penyelesaian perkara berjalan dengan cepat demi mewujudkan asas peradilan cepat, sederhana dan biaya ringan. Kata kunci: Peran, Penuntut Umum, Restorative Justice, peradilan cepat sederhana biaya ringan.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 340 Ilmu hukum > 345 Hukum pidana
Program Studi: Fakultas Hukum > Magister Hukum S2
Pengguna Deposit: 2301633946 . Digilib
Date Deposited: 23 Jun 2023 03:20
Terakhir diubah: 23 Jun 2023 03:20
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/73087

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir