HUBUNGAN TAYANGAN FOOD VLOG TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN REMAJA PADA SUGAR-SWEETENED BEVERAGES (SSBS) (Studi Terhadap Followers Akun Instagram @sigerfoodies)

DINDA , PITALOKA (2023) HUBUNGAN TAYANGAN FOOD VLOG TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN REMAJA PADA SUGAR-SWEETENED BEVERAGES (SSBS) (Studi Terhadap Followers Akun Instagram @sigerfoodies). FAKULTASIILMUISOSIALIDAN ILMUIPOLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2377Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1802Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Konten food vlog terus berkembang seiring perubahan minat dan motivasi pengguna media sosial. Menonton tayangan food vlog merupakan suatu bentuk untuk mendapatkan informasi terkait suatu produk yang hendak dibeli. Salah satu konten food vlog yang dapat dijumpai adalah review mengenai produk SugarSweetened Beverages (SSBs) atau disebut juga dengan minuman manis yang terdapat pada akun Instagram @sigerfoodies. Dari hal ini penulis menemukan rumusan masalah, yaitu ada tidaknya hubungan tayangan food vlog terhadap perilaku pembelian remaja pada sugar-sweetened beverages. Dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungannya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Perilaku Terencana, yang didasari asumsi bahwa perilaku yang dilakukan individu timbul dari karena adanya niat dari individu untuk berperilaku. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan jumlah sampel 100 responden menggunakan rumus slovin. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat hubungan antara hubungan tayangan food vlog (X) dan terhadap perilaku pembelian remaja sugar-sweetened beverages (Y) dibuktikan dengan t hitung = 6.540 > t tabel = 5.154, maka H1 diterima dan H0 ditolak, dengan hasil pearson correlation didapatkan nilai korelasi (r) = 0,551 pada taraf signifikansi 0,01. Dengan demikian besar hubungan antara X dan Y adalah sedang. Penelitian ini menyarankan agar penelitian selanjutnya dapat dilakukan dengan memperluas cakupan penelitian. Kata kunci : Sugar-Sweetened Beverages (SSBs); food vlog; minuman manis. Food vlog content continues to grow as social media users’ interests and motivations change. Watching food vlogs is a form of getting information about a product to buy. One of the food vlog content can be found in a review of SugarSweetened Beverages (SSBs) products, also called sugary drinks, on the Instagram account @sigerfoodies. From this, the author found the problem formulation, which is that there is no link between food vlog shows to youth buying behavior in sugar-sweetened beverages. For the purpose of knowing how much the connection is. The theory used in this study is Planned Behavior Theory, which is based on the assumption that an individual’s behavior arises from the intention of an individual to behave. The study used a survey method with a sample of 100 respondents using the Slovin formula. Based on research results it was found that there was a relationship between the food vlog (X) feed and the purchasing behavior of sugarcured fruits (Y) was proved by t hitung = 6.540 t tabel = 5.154, thus the alternatives hypothesis was accepted and the null hypothesis was rejected, with Pearson correlation value ® = 0.551 at a significance of 0.01. Thus the relationship between X and Y is moderate. This study suggests that further research can be done by expanding the scope of its research. Keywords: Sugar-Sweetened Beverages (SSBs); food vlog; sweet drink.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 320 Ilmu politik (politik dan pemerintahan) > 321 Sistem pemerintahan dan sistem negara
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 2301285813 . Digilib
Date Deposited: 27 Jun 2023 08:22
Terakhir diubah: 27 Jun 2023 08:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/73245

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir