PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN SCAFFOLDING DENGAN PEER TUTORING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI ILMIAH DAN HOTS (Higher Order Thinking Skill) SISWA SMP

DUWITA , PANGESTI PUTRI (2023) PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN SCAFFOLDING DENGAN PEER TUTORING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI ILMIAH DAN HOTS (Higher Order Thinking Skill) SISWA SMP. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (62Kb) | Preview
[img] File PDF
2. TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2600Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1885Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan program pembelajaran scaffolding dengan peer tutoring yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan komunikasi ilmiah dan HOTS siswa SMP. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE meliputi tahap (Analyze, Design, Development, Implement, Evaluation). Subjek penelitian uji coba terbatas melibatkan 20 siswa kelas IX SMP Negeri 9 Bandar Lampung sedangkan uji coba lapangan melibatkan 64 siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Bandar Lampung yang dipilih secara purposive sampling yang terdiri dari kelas yang menggunakan pembelajaran scaffolding dan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) validitas program pembelajaran scaffolding dengan peer tutoring dalam meningkatkan keterampilan komunikasi ilmiah dan HOTS memenuhi kriteria valid ditinjau dari aspek kesesuaian isi dan konstruksi; 2) kepraktisan program pembelajaran scaffolding dengan peer tutoring hasil pengembangan ditinjau dari penilaian keterlaksanaan pembelajaran melalui angket respon guru dan siswa, Adapun kemampuan guru mengelola pembelajaran berkategori sangat tinggi serta respon siswa setelah menggunakan program pembelajaran berkategori sangat tinggi; 3) Keefektivan program pembelajaran scaffolding dengan peer tutoring untuk keterampilan komunikasi ilmiah pada kelas yang menggunakan pembelajaran scaffolding ditinjau dari hasil observasi yang dilakukan berkategori sangat terampil sedangkan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional berkategori terampil. Selain itu, penilaian angket self-assessment keterampilan komunikasi ilmiah berkategori sangat terampil sedangkan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional berkategori terampil. Keefektivan program pembelajaran scaffolding dengan peer tutoring untuk meningkatkan keterampilan HOTS ditinjau dari n-Gain berkategori tinggi dan program pembelajaran secara konvensional diperoleh n-Gain berka-tegori sedang, hasil effect size berkategori sedang sehingga program pembelajaran scaffolding dengan peer tutoring berpengaruh terhadap keterampilan HOTS siswa. Kata kunci: Program pembelajaran, scaffolding, peer tutoring, keterampilan komunikasi ilmiah, HOTS

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan IPA
Pengguna Deposit: 2301865103 . Digilib
Date Deposited: 27 Jun 2023 08:13
Terakhir diubah: 27 Jun 2023 08:13
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/73248

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir