ANALISIS TEGANGAN TEMBUS CRUDE PALM OIL DENGAN PENAMBAHAN BENTONIT DAN ZEOLIT TERAKTIVASI SEBAGAI ALTERNATIF ISOLATOR CAIR

FANDU RYANSYAH , NASUTION (2023) ANALISIS TEGANGAN TEMBUS CRUDE PALM OIL DENGAN PENAMBAHAN BENTONIT DAN ZEOLIT TERAKTIVASI SEBAGAI ALTERNATIF ISOLATOR CAIR. FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF (ABSTRAK)
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (183Kb) | Preview
[img] File PDF (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3113Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF (SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN)
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Minyak isolasi merupakan salah satu jenis isolator yang banyak digunakan sebagai isolasi pada peralatan listrik seperti transformator. Minyak isolasi yang digunakan biasanya berasal dari minyak mineral dari dalam perut bumi yang terbatas ketersediaannya di alam. Salah satu upaya untuk mengurangi penggunaan minyak mineral adalah menggantikannya dengan minyak nabati seperti crude palm oil (CPO) yang telah ditambahkan dengan zat aditif bentonit dan zeolit. Untuk menguji kelayakan minyak crude palm oil, dilakukan pengujian tegangan tembus menggunakan Megger OTS80Af Oil Tester, kadar air dan viskositas. Berdasarkan hasil pengujian, tegangan tembus minyak CPO setelah ditambahkan bentonit sebesar 36,2 kV, kadar air sebesar 0,0157% dan viskositas sebesar 33,23 cSt. Sedangkan, tegangan tembus minyak CPO setelah ditambahkan zeolit sebesar 29 kV, kadar air sebesar 0,043% dan viskositas sebesar 33,56 cSt. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa, minyak CPO dengan penambahan bentonit layak digunakan sebagai isolai cair trafo, sedangkan minyak CPO dengan penambahan zeolit belum layak digunakan sebagai isolasi cair trafo, hal tersebut sesuai dengan standar SPLN 49-91 : 1982 tegangan tembus minyak untuk isolasi trafo adalah 30 kV/2,5 mm.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Elektro
Pengguna Deposit: 2301468489 . Digilib
Date Deposited: 05 Jul 2023 08:20
Terakhir diubah: 05 Jul 2023 08:20
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/73353

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir