Pengembangan Kapasitas Sekolah Luar Biasa Untuk Meningkatkan Pelayanan Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus Di Slb B, C & Autis Dharma Bhakti Dharma Pertiwi Bandar Lampung)

DEDE AULIA, RAHMAN EL HAKIM (2023) Pengembangan Kapasitas Sekolah Luar Biasa Untuk Meningkatkan Pelayanan Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus Di Slb B, C & Autis Dharma Bhakti Dharma Pertiwi Bandar Lampung). ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (2886Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2617Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2737Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Di sekolah khususnya sekolah luar biasa masing jarang ditemukan pengembangan kapasitas yang baik. Masalah yang sering terjadi dalam sekolah seperti masalah sumber daya manusia yang tidak berkualitas, struktur organisasi yang masih berantakan, dan sistem pelayanan pendidikannya yang tidak rapih. Oleh sebab itu dibutuhkan pengembangan kapasitas untuk meningkatkan pelayanan pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan pendidikan yang ada di SLB B, C & Autis Dharma Bhakti Dharma Pertiwi Kota Bandar Lampung berdasarkan sistem anggaran, sumber daya manusia, sarana dan prasarananya sudah baik. Sistem anggarannya didapatkan dari pemerintah melalui dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah). Sumber daya manusianya merupakan guru-guru yang telah lulus dari perguruan tinggi jurusan pendidikan luar biasa. Lalu sarana dan prasarana yang ada di sekolah telah mencukupi untuk melakukan kegiatan belajar mengajar. Namun masih ada pengembangan kapasitas kelembagaan yang perlu diperbaiki lagi seperti dalam hal struktur organisasi dan mekanisme kerja. Struktur organisasinya menunjukkan kalau masih ada beberapa guru yang merangkap jabatan dan hal tersebut mempengaruhi mekanisme kerja yang menyebabkannya menjadi tidak efektif. Faktor pendukung pengembangan kapasitas yaitu gaya kepeminpinan Kepala Sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu beban administratif yang dikerjakan oleh guru. Untuk kedepannya diharapkan masalah tentang beban administrasi guru bisa diselesaikan dengan melakukan penambahan personil di bidang administrasi sekolah. Kata Kunci : pengembangan kapasitas, sekolah luar biasa ABSTRACT In schools, especially special schools, it is rare to find good capacity building. Problems that often occur in special schools are the problem of unqualified human resources, messy organizational structures, and untidy education service systems. Therefore capacity building is needed to improve education services for children with special needs. The results of this study indicate that the education services in SLB B, C & Autism Dharma Bhakti Dharma Pertiwi Bandar Lampung City based on the budget system, human resources, facilities and infrastructure are good. The budget system is obtained from the government through BOS (School Operational Assistance) funds. The human resources are teachers who have graduated from college majoring in special education. Then the facilities and infrastructure in schools are sufficient to carry out teaching and learning activities. However, there is still institutional capacity building that needs to be improved, such as in terms of organizational structure and work mechanisms. The organizational structure shows that there are still a number of teachers who hold positions and this affects the work mechanism which causes them to become ineffective. The supporting factor for capacity building is the leadership style of the Principal. While the inhibiting factor is the administrative burden carried out by the teacher. In the future, it is hoped that the problem of teacher administrative burden can be solved by adding personnel in the field of school administration. Key Words : capacity building, special school

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 320 Ilmu politik (politik dan pemerintahan)
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Administrasi Negara
Pengguna Deposit: 2301582924 . Digilib
Date Deposited: 07 Jul 2023 05:14
Terakhir diubah: 07 Jul 2023 05:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/73373

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir