SELEKSI PLANLET JERUK KEPROK BW (Citrus reticulata Blanco) SETELAH DIINDUKSI LARUTAN ATONIK DALAM KONDISI CEKAMAN KEKERINGAN SECARA IN VITRO

NI MADE NADA , ELSIKA (2023) SELEKSI PLANLET JERUK KEPROK BW (Citrus reticulata Blanco) SETELAH DIINDUKSI LARUTAN ATONIK DALAM KONDISI CEKAMAN KEKERINGAN SECARA IN VITRO. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (1636Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1636Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1639Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Buah jeruk keprok BW (Citrus recitulata Blanco) sangat terkenal dan banyak dibudidayakan di Propinsi Lampung. Kendala budidaya jeruk keprok BW adalah tingkat curah hujan yang rendah sehingga menyebabkan pasokan air ke lahan pertanian menurun dan kondisi tanah menjadi kering. Atonik dipakai sebagai Zat Pengatur Tumbuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsentrasi larutan atonik yang optimum dan konsentrasi toleran PEG 6000 untuk seleksi planlet jeruk keprok BW yang resisten terhadap cekaman kekeringan dan mengetahui interaksi larutan atonik dengan Polyethylene Glycol (PEG) 6000 terhadap pertumbuhan, kandungan klorofil dan kandungan karbohidrat planlet jeruk keprok BW. Penelitian ini dilaksanakan di ruang in vitro, Laboratorium Botani, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Lampung. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap Faktorial, yang terdiri dari 2 faktor yaitu faktor A larutan Atonik dengan 3 taraf perlakuan (0 mL/L (a1), 3 mL/L (a2), 6 mL/L (a3) ), faktor B PEG 6000 dengan taraf konsentrasi (0% dan 10%) dengan 4 kali ulangan. Homogenitas ragam menggunakan uji Levene pada taraf nyata 5%, kemudian dilanjutkan dengan Uji Two Way Factorial Anova pada taraf nyata 5% dan uji lanjut Beda Nyata Jujur (BNJ) pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan konsentrasi larutan atonik yang optimum terhadap cekaman kekeringan untuk seleksi planlet jeruk BW adalah 6ml/l secara in vitro. Konsentrasi toleran PEG 6000 untuk seleksi planlet jeruk BW yang resisten terhadap cekaman kekeringan secara in vitro adalah 10%. Interaksi larutan atonik 6ml/l dengan Polythylene Glycol (PEG) 6000 0% dapat meningkatkan pertumbuhan, kandungan klorofil a, klorofil b, dan klorofil total. Kombinasi atonik 0ml/l dan PEG 6000 10% dapat meningkatkan kandungan karbohidrat terlarut total pada planlet jeruk BW (Citrus reticulata Blanco). Kata kunci : Atonik, Citrus reticulata Blanco, In Vitro, PEG 6000.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: 2301478389 . Digilib
Date Deposited: 12 Jul 2023 01:13
Terakhir diubah: 12 Jul 2023 01:13
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/73423

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir