EKRANISASI NOVEL 12 CERITA GLEN ANGGARA KARYA LULUK HF KE DALAM FILM DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA MATERI DRAMA DI KELAS XI SMA

ELSA MONICA, 1913041019 (2023) EKRANISASI NOVEL 12 CERITA GLEN ANGGARA KARYA LULUK HF KE DALAM FILM DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA MATERI DRAMA DI KELAS XI SMA. Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (5Mb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK EKRANISASI NOVEL 12 CERITA GLEN ANGGARA KARYA LULUK HF KE DALAM FILM DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA MATERI DRAMA DI KELAS XI SMA Masalah dalam penelitian ini adalah perubahan suatu karya yang diekranisasikan. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk perubahan berdasarkan aspek penciutan, aspek penambahan, dan aspek perubahan bervariasi pada bagian alur, penokohan dan latar dari novel 12 Cerita Glen Anggara karya Luluk HF ke dalam film dan implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi drama di kelas XI SMA Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, hal yang dideskripsikan berupa kutipan kalimat dalam novel dan potongan adegan film 12 Cerita Glen Anggara. Sumber data penelitian diperoleh dari novel dan film 12 Cerita Glen Anggara. Teknik pengumpulan dan analisis data yang digunakan menggunakan metode baca dan metode simak-catat. Metode baca diterapkan untuk mengumpulkan dan menganalisis data yang berasal dari novel, sedangkan metode simak-catat digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data yang berasal dari film. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses ekranisasi novel 12 Cerita Glen Anggara karya Luluk HF ke dalam film mengakibatkan terjadinya perubahan pada bagian alur, penokohan dan latar yang berupa penciutan, penambahan atau perubahan bervariasi. Perubahan-perubahan ini terjadi sebagai akibat dari adanya penyesuaian media dan teknis film sekaligus guna mengembangkan cerita agar lebih menarik dan tidak monoton karena sama persis dengan karya sumbernya. Meskipun demikian, perubahan yang dilakukan tetap mempertahankan inti cerita dan pesan yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca dan penonton film. Hasil penelitian diimplikasikan terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA kelas XI dalam bentuk modul pembelajaran untuk materi drama, dengan output menulis naskah drama dan melakukan pementasan drama. Kata kunci: ekranisasi, novel, film, pembelajara drama

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 400 Bahasa
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 2301031039 . Digilib
Date Deposited: 14 Jul 2023 08:01
Terakhir diubah: 14 Jul 2023 08:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/73467

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir