PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK

MARUF, DARMAWAN (2023) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (67Kb) | Preview
[img] File PDF
2. TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4095Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. TESIS TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (3376Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis penemuan terbimbing yang berorientasi pada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan Borg & Gall, tahapan penelitian dimulai dari studi pendahuluan, penyusunan lkpd, validasi, uji coba lapangan awal, revisi uji coba lapangan awal, dan uji lapangan. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Bandar Lampung pada semester 1 tahun pelajaran 2022/2023. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis penemuan terbimbing pada materi persamaan garis lurus memenuhi kriteria valid dan praktis digunakan dan termasuk dalam kategori sangat baik. Selanjutnya rata-rata skor N-Gain kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik setelah menggunakan LKPD berbasis penemuan terbimbing lebih dari rata-rata skor N-Gain kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang tidak menggunakan LKPD berbasis penemuan terbimbing. Sehingga penggunaan LKPD berbasis penemuan terbimbing efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Kata kunci: LKPD, penemuan terbimbing, kemampuan pemecahan masalah

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2301492155 . Digilib
Date Deposited: 20 Jul 2023 03:11
Terakhir diubah: 20 Jul 2023 03:11
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/73522

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir