PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

ZAITUN , (2023) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (72Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah peserta didik kurang menunjukan sikap yang bertanggung jawab terhadap kegiatan pembelajaran yang diikutinya. Hal ini dikarenakan belum adanya pengembangan LKPD untuk meningkatkan sikap tanggung jawab peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan LKPD berbasis project based learning yang valid, dan efektif untuk meningkatkan sikap tanggung jawab peserta didik. Metode yang digunakan adalah metode research and development menghasilkan produk LKPD dan menguji keefektifan produk menggunakan desain eksperimen semu. Teknik pengambilan sampel dengan cluster random sampling yaitu siswa kelas IVA yang berjumlah 28 orang peserta didik di SD Negeri 3 Bangunan (sebagai kelas eksperimen), dan siswa kelas IVA di SD Negeri 3 Bumirestu yang berjumlah 30 orang (sebagai kelas kontrol). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, angket dan dokumentasi. Pengujian hipotesis pertama melalui validasi materi, bahasa dan desain yang dilakukan oleh ahli materi, ahli bahasa, dan ahli desain. Pengujian kedua menggunakan teknik uji t independent. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis project based learning yang dikembangkan valid dan efektif untuk meningkatkan sikap tanggung jawab peserta didik kelas IV sekolah dasar. Kata Kunci: LKPD, project based learning, meningkatkan, tanggung jawab, pembelajaran. The problem in this study is that students do not show a responsible attitude towards the learning activities they participate in. This is because there is no development of LKPD to increase the attitude of responsibility in students. The objective of this study is to create a valid and effective project based learning LKPD to increase student’s responsibility. The method which is used is research and development method creating LKPD product and testing the effectivity of product using quasi experimental research. The sampling technique used cluster random sampling which is students of class IVA in total 28 students in SDN 3 Bangunan (as experiment class), and students of class IVA in SDN 3 Bumirestu in total 30 students (as control class). The collecting data technique used test, questionnaire, and documentation. First hypothesis testing is through material validation, language and design which are done by material expert, language expert, and design expert. Second testing used T-test technique. Based on the result of the study, it can be concluded that the development of project based learning LKPD is valid and effective to increase responsibility in students of class IV in elementary school. Keywords: LKPD, project based learning, increase, responsibility, learning.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: 2301838387 . Digilib
Date Deposited: 21 Jul 2023 06:53
Terakhir diubah: 21 Jul 2023 06:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/73575

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir