ANALISIS KASUS KORBAN PENCABULAN TERHADAP ANAK PEREMPUAN USIA 4-16 TAHUN (STUDI KASUS PADA UNIT PELAKSANA TEKNIS DAERAH PERLINDUNGAN PEREMPUAN DAN ANAK PROVINSI LAMPUNG)

Rachel , Rodearni Purba (2023) ANALISIS KASUS KORBAN PENCABULAN TERHADAP ANAK PEREMPUAN USIA 4-16 TAHUN (STUDI KASUS PADA UNIT PELAKSANA TEKNIS DAERAH PERLINDUNGAN PEREMPUAN DAN ANAK PROVINSI LAMPUNG). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (161Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2398Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2141Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pada penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kasus anak perempuan yang menjadi korban pencabulan di Lampung (Studi kasus Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak Provinsi Lampung). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Fokus penelitian ini adalah faktor penyebab terjadinya pencabulan, dampak korban pencabulan dilihat dari dampak fisik, psikologis dan sosialnya serta pelayanan UPTD PPA dalam menangani kasus pencabulan. Data penelitian diperoleh dari 5 (lima) orang informan. Penulis menggunakan teori relasi kuasa dari Michel Foulcault. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor penyebab terjadinya pencabulan dapat dilihat dari dua sisi yaitu pelaku dan korban, jika dari pelaku yaitu faktor biologis, minuman beralkohol, peluang atau kesempatan dan kurangnya pemahaman agama, sedangkan dari korban yaitu kurangnya pemahaman mengenai sex education, ketergantungan, dan ketahanan keluarga yang rentan. Anak yang menjadi korban pencabulan mengalami dampak buruk yang mempengaruhi kesehariannya, seperti pada dampak fisik, korban mengalami kerusakan pada alat kelaminnya, dan dampak psikologis yang dirasa korban yaitu kecemasan,ketakutan, kurangnya rasa percaya diri, dan trauma delay. Sedangkan dampak sosial yang korban terima yaitu black labeling. Peran UPTD PPA dalam kasus ini yaitu memberikan layanan yang dibutuhkan korban berupa layanan konseling, layanan hukum yang bekerja sama dengan lembaga-lembaga hukum dalam membantu korban sebagai klien hingga kasusnya selesai dan pelaku dijatuhi hukuman . Kata Kunci: Anak, Pencabulan, UPTD PPA Provinsi Lampung

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 301 Sosiologi dan antropologi
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Sosiologi
Pengguna Deposit: 2301280883 . Digilib
Date Deposited: 21 Jul 2023 07:41
Terakhir diubah: 21 Jul 2023 07:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/73583

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir