PENGEMBANGAN MODUL KETERAMPILAN INTERPERSONAL "SOCIAL SKILL" PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR DI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS LAMPUNG

REYNANI , SETYASIH (2023) PENGEMBANGAN MODUL KETERAMPILAN INTERPERSONAL "SOCIAL SKILL" PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR DI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (627Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4027Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3613Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Belum terdapatnya pedoman dalam bentuk modul terkait keterampilan interpersonal “social skill” pada mahasiswa tingkat akhir di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung menjadi perhatian khusus. Hal ini dikarenakan penelitian ini memiliki manfaat bagi mahasiswa tingkat akhir sebagai bentuk kesiapan kerja yang memenuhi tugas fase perkembangan mahasiswa tingkat akhir yang termasuk dalam fase perkembangan dewasa awal. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan modul dan kualitas pengembangan modul keterampilan interpersonal "social skill" pada mahasiswa tingkat akhir di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Instrumen yang digunakan berupa kuisioner validitas ahli dan kuisioner respon mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai validasi ahli materi memperoleh nilai rata- rata = 0.76 ; ≥ 0.73 (valid) dan validasi ahli media memperoleh = 0.88 ; 0.83 < ≤ 0.92 (valid). Sedangkan, kriteria kepraktisan memperoleh nilai rata-rata 4 atau 80% (sangat praktis). Maka dapat disimpulkan bahwa modul keterampilan interpersonal “social skill” pada mahasiswa tingkat akhir di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dinyatakan valid dan praktis. Kata Kunci : modul, social Skill, mahasiswa tingkat akhir. The absence of guidelines in the form of modules related to interpersonal skills "social skills" for final year students at the Faculty of Teacher Training and Education, University of Lampung is of particular concern. This is because this research has benefits for final year students as a form of work readiness that fulfills the tasks of the developmental phase of final year students who are included in the early adult development phase. So this study aims to describe the development of modules and the quality of the development of interpersonal skills "social skills" modules in final year students at the Faculty of Teacher Training and Education, University of Lampung. The method used in this study is the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). The instruments used were expert validity questionnaires and student response questionnaires. The results showed that the validation value of material experts obtained an average value of v = 0.76 ; v ≥ 0.73 (valid) and media expert validation obtained v = 0.88 ; 0.83 <v ≤ 0.92 (valid). Meanwhile, practicality criteria get an average value of 4 or 80% (very practical). So it can be concluded that the interpersonal skill module "social skills" for final year students at the Teaching and Education Faculty is declared valid and practical. Keywords: module, social skills, final year students.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: 2301920826 . Digilib
Date Deposited: 26 Jul 2023 01:51
Terakhir diubah: 26 Jul 2023 01:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/73671

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir