Indah Mutiara Sari, 2123012004 (2023) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MELAKSANAKAN SUPERVISI AKADEMIK DI SMA NEGERI. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (217Kb) | Preview |
|
File PDF
2. TESIS FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (6Mb) |
||
|
File PDF
3. TESIS FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (6Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MELAKSANAKAN SUPERVISI AKADEMIK DI SMA NEGERI Oleh INDAH MUTIARA SARI Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi supervisi akademik kepala sekolah di SMA Negeri 1 Sendang Agung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumen. Sumber data dalam penelitian ini berjumlah 9 orang dengan key informant yaitu kepala sekolah, informan selanjutnya yaitu 3 wakil kepala sekolah, pengawas sekolah dan 4 orang guru. Teknik analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Perencanaan supervisi akademik kepala sekolah dilakukakan dengan melaksanakan sosialisasi program supervisi akademik pada saat rapat di tahun ajaran baru, mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk kegiatan supervisi akademik seperti merumuskan tujuan, menyusun jadwal, menentukan teknik dan menyusun instrumen supervisi akademik. 2) Pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dilaksanakan dengan mengecek kelengkapan perangkat administrasi seperti prota, prosem, silabus dan RPP secara visual, mengecek Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan menggunakan instrumen telaah RPP dan melaksanakan kunjungan kelas dengan menggunakan instrumen penilaian pelaksanaan pembelajaran. 3) Evaluasi supervisi akademik kepala sekolah dilaksanakan dengan menganalisis hasil supervisi sebagai bahan untuk tindak lanjut yang diberikan yaitu berupa pembinaan atau kegiatan seperti pelatihan, MGMP dan kegiatan lainnya. Kata Kunci: kepala sekolah, pembelajaran, supervisi akademik ABSTRACT THE ROLE OF THE PRINCIPAL IN IMPLEMENTING ACADEMIC SUPERVISOR IN SMA NEGERI The purpose of this study is to analyze and describe the planning, implementation and evaluation of the principal's academic supervision at SMA Negeri 1 Sendang Agung. This research used a qualitative approach with a phenomenological research design. Data collection techniques used interviews, observations and document studies. The data sources in this study amounted to 9 people with key informants namely the principal, further informants are 3 vice principals, school supervisors and 4 teachers. Data analysis techniques are done by collecting data, reducing data, presenting data, and drawing conclusions. The results showed that; 1) The principal's academic supervision planning is carried out by conducting socialization of academic supervision programs during meetings in the new school year, preparing everything needed for academic supervision activities such as preparing schedules and determining academic supervision techniques to be used. 2) The implementation of the principal's academic supervision is carried out by checking the completeness of administrative devices such as prota, prosem, syllabus and lesson plans visually, checking the Learning Implementation Plan (RPP) using the lesson plan review instrument and carrying out classroom visits using the learning implementation assessment instrument. 3) Evaluation of the principal's academic supervision is carried out by analyzing the results of supervision as material for follow-up. The follow-up given is in the form of coaching or activities such as training, workshops, MGMP and other activities. Keywords: principal, learning, academic supervision
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Administrasi Pendidikan |
Pengguna Deposit: | 2301149709 . Digilib |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 01:56 |
Terakhir diubah: | 26 Jul 2023 01:56 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/73674 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |