PENGEMBANGAN MODUL KETERAMPILAN INTERPERSONAL "COMMUNICATION SKILL" PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR DI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS LAMPUNG

Arla Putri Pratama , 1913052024 (2023) PENGEMBANGAN MODUL KETERAMPILAN INTERPERSONAL "COMMUNICATION SKILL" PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR DI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (201Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (13Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (13Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Keterampilan interpersonal communication skills menjadi salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh mahasiswa tingkat akhir, karena didalam dunia kerja communication skill akan meningkatkan efesiensi kerja dan dapat meningkatkan peluang karier. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancangan pengembangan modul dan mendeskripsikan kualitas rancangan modul. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa tingkat akhir di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas lampung. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, penyebaran kuisioner, dan validasi modul. Kualitas modul ditentukan oleh dua kriteria yaitu validity (validitas), dan practicality (kepraktisan). Modul ini dapat dikatakan valid berdasarkan hasil penilaian ahli materi dengan rata-rata sebesar 0,76; v > 0,72 (valid) dan penilaiandari ahli media sebesar 0,92; v > 0,79 (valid). Selain itu, modul dinyatakan praktis untuk digunakan oleh mahasiswa berdasarkan hasil kuisioner respon mahasiswa dengan rata-rata sebesar 83% (praktis). Kata Kunci: modul, communication skill, mahasiswa tingkat akhir. Interpersonal communication skills are one of the skills that must be possessed by final year students, because in the world of work communication skills will increase work efficiency and can improve career opportunities. This study aims to describe the module development design and describe the cuality of the module design. The method used in this study is the ADDIE model (analysis, design, development, implantation, evaluation). The subjects in this study were final year students of the Faculty of Teacher Training and Education, University of Lampung. Data collection techniques used in this study were interviews, distributing questionnaires, and module validation. The quality of the module is determined by three criteria, namely validity (validity), and practicality (practicality). This module can be said to be valid based on the results of the material expert's assessment with an average of 0.76; v > 0.72 (valid) and the assessment of media experts is 0.92; v > 0.79 (valid). In addition, the module is stated to be practical for use by students based on the results of the student response questionnaire with an average of 83% (practical). Keywords: module, communication skills, final year students.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: 2301875374 . Digilib
Date Deposited: 26 Jul 2023 02:09
Terakhir diubah: 26 Jul 2023 02:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/73678

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir