PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA

LISNAWATI, (2023) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (110Kb) | Preview
[img] File PDF
2. TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2614Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2340Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pembelajaran matematika menempatkan kemampuan pemecahan masalah sebagai indikator penting dalam meningkatkan kemampuan kritis dan kreatif peserta didik. Berbagai usaha dikembangkan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mengembangkan salah satu sumber bahan ajar yang dapat digunakan adalah LKPD. Pentingnya LKPD berbasis saintifik diperlukan dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa karena LKPD scientific ini beraktivitas penalaran, penemuan, pengabsahan, dan penjelasan tentang suatu kebenaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan LKPD pembelajaran matematika berbasis saintifik yang memenuhi kriteria valid dan praktis, serta menguji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan LKPD yang dikembangkan. Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada langkah-langkah Borg dan Gall. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Sains Qur’an Minhajuth Thullab Pekalongan Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Research and Development dengan menggunakan model penelitian menurut Borg dan Gall. Teknik pengumpulan data diantaranya menggunakan wawancara, angket, observasi dan tes. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Sains Qur’an Minhajuth Thullab Pekalongan pada kelas VIII Tahun Ajaran 2022/2023 dan subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan kelas VIII B. Analisis validitas menunjukkan bahwa dari ahli materi dan ahli media diperoleh rata-rata presentase total sebesar 77% dan 79% yang berarti dinyatakan valid, untuk uji kepraktisan diperoleh skor 83% yang berarti LKPD sangat praktis dan pada uji pretest dan posttest kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yaitu ratarata indeks gain yang menggunakan LKPD berbasis saintifik sebesar 0,83 sedangkan rata-rata indeks gain yang tidak menggunakan LKPD berbasis saintifik sebesar 0,67. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh bahwa penggunaan LKPD berbasis saintifik dalam pembelajaran matematika terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Kata kunci: LKPD, Saintifik, Kemampuan Pemecahan Masalah

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2301682561 . Digilib
Date Deposited: 27 Jul 2023 07:43
Terakhir diubah: 27 Jul 2023 07:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/73791

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir