FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMILIHAN LAYANAN KAPAL PENYEBERANGAN ANGKUTAN PENUMPANG KAPAL EKSEKUTIF DAN KAPAL REGULER DI PELABUHAN PENYEBERANGAN BAKAUHENI LAMPUNG

MUHAMMAD RIZKI, ARIF (2023) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMILIHAN LAYANAN KAPAL PENYEBERANGAN ANGKUTAN PENUMPANG KAPAL EKSEKUTIF DAN KAPAL REGULER DI PELABUHAN PENYEBERANGAN BAKAUHENI LAMPUNG. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. Abstrak.pdf

Download (220Kb) | Preview
[img] File PDF
2. THESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2134Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. THESIS FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2134Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Selat Sunda merupakan selat yang banyak dilalui oleh kapal-kapal dari Bakauheni ke Merak dan sebaliknya. Terdapat kenaikan harga di beberapa transportasi seperti pesawat dan bus dari Bandar Lampung menuju Jakarta dan sebaliknya. Hal ini menyebabkan penumpang lebih memilih moda transportasi yang jauh lebih murah dan terjangkau. Layanan kapal penyeberangan kapal eksekutif dan kapal reguler merupakan salah satu transportasi yang dapat digunakan untuk menuju Jakarta dan sebaliknya. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan penumpang dalam pemilihan layanan kapal penyeberangan rute Bakauheni-Merak serta menganalisis peluang atau probabilitas penumpang yang menggunakan kapal eksekutif dan kapal reguler penyeberangan rute Bakauheni-Merak. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dan analisis probabilitas dengan metode pengumpulan data menggunakan kuisioner. Hasil penelitian ini faktor yang paling berpengaruh dalam pemilihan layanan penyeberangan pada kapal eksekutif yaitu faktor waktu perjalanan sebesar 56% dan pada kapal reguler yaitu faktor tarif sebesar 79%. Didapatkan persamaan regresi linear berganda Y = 0,187 + 0,178 X1 + 0,252 X2 + 0,177 X3 + 0,212 X4 + 0,128 X5 untuk kapal eksekutif dan Y = 0,114 + 0,120 X1 + 0,244 X2 + 0,243 X3 + 0,256 X4 + 0,099 X5 untuk kapal reguler dengan nilai koefisien determinasi (R2) kapal eksekutif sebesar 0,876 dan kapal reguler sebesar 0,855. Dengan nilai utilitas kapal eksekutif sebesar 3,8309 dan kapal reguler sebesar 3,3773. Berdasarkan perhitungan dari persamaan di atas didapat nilai persentase probabilitas untuk pemilihan layanan kapal penyeberangan kapal eksekutif sebesar 61,15% dan kapal reguler sebesar 38,85%. The Sunda Strait is a strait that is heavily traveled by ships from Bakauheni to Merak and vice versa. There is an increase in the price of some transportation such as planes and buses from Bandar Lampung to Jakarta and vice versa. This causes passengers to prefer modes of transportation that are much cheaper and more affordable. Executive and regular ship crossing services are one of the transportation that can be used to get to Jakarta and vice versa. So the purpose of this study is to identify the factors that influence passenger demand in the selection of ferry services on the Bakauheni-Merak route and analyze the opportunity or probability of passengers using executive ships and regular ships crossing the Bakauheni-Merak route. The research method used is multiple linear regression analysis and probability analysis with data collection methods using questionnaires. The results of this study are the most influential factor in the selection of crossing services on executive ships, namely the travel time factor of 56% and on regular ships, namely the tariff factor of 79%. The multiple linear regression equation Y = 0.187 + 0.178 X1 + 0.252 X2 + 0.177 X3 + 0.212 X4 + 0.128 X5 for executive ships and Y = 0.114 + 0.120 X1 + 0.244 X2 + 0.243 X3 + 0.256 X4 + 0.099 X5 for regular ships with a coefficient of determination (R2) value for executive ships of 0.876 and regular ships of 0.855. With an executive ship utility value of 3.8309 and a regular ship of 3.3773. Based on the calculation of the above equation, the percentage value of the probability for selecting the executive ship crossing service is 61.15% and the regular ship is 38.85%.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi Magister Teknik Sipil
Pengguna Deposit: 2301705278 . Digilib
Date Deposited: 27 Jul 2023 07:49
Terakhir diubah: 27 Jul 2023 07:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/73792

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir