PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) KELAS IV SD NEGERI 3 HARGOMULYO KECAMATAN SEKAMPUNG KABUPATEN LAMPUNG TIMUR TAHUN AJARAN 2009/2010

, PURNOMO ADI WIBOWO (2011) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) KELAS IV SD NEGERI 3 HARGOMULYO KECAMATAN SEKAMPUNG KABUPATEN LAMPUNG TIMUR TAHUN AJARAN 2009/2010. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
cover 2.pdf - Published Version

Download (161Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Menyutujui.pdf - Published Version

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Pernyataan.pdf - Published Version

Download (90Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (32Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (175Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (159Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (347Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (97Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (23Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (1672Kb)

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya partisipasi dan hasil belajar. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas IV SD Negeri 3 Hargomulyo pada materi sistem pemerintahan pusat. dengan menerapkan model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini kuesioner dan lembar obervasi yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk mengetahui kegiatan guru dan aktivitas belajar serta soal-soal tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Analisa data menggunakan rumus sederhana yaitu persentase (%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan belajar yang meningkat dari siklus 1 (55,26), siklus 2 (68,42), dan siklus 3 (83,15), Sedangkan persentase rata-rata aktivitas belajar siswa antara siklus I (64,19%), siklus II (73,79%), dan siklus III (82,37%).

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Agama > BF Psychology
Hukum Pidana > Agama > BF Psychology

L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 24 Jan 2014 07:48
Last Modified: 24 Jan 2014 07:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/738

Actions (login required)

View Item View Item