PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN DISPOSISI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

TRI , WAHYUNISARI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN DISPOSISI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (75Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1230Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (785Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Rendahnya disposisi matematis peserta didik kelas IV Sekolah Dasar pada mata pelajaran matematika dapat diatasi salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk membentuk media komik yang tersinkronisasi dengan menggunakan pendekatan kontekstual yang diharapkan mampu meningkatkan disposisi matematis peserta didik. Urgensinya disposisi matematis penting dimiliki peserta didik. Disposisi matematika merupakan kunci keberhasilan dalam pembelajaran khususnya matematika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah subjek ahli yaitu ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media, serta subjek peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Palapa sebagai pengguna produk. Hasil penelitian menghasilkan produk media komik berbasis kontekstual yang layak, praktis dan efektif digunakan untuk meningkatkan disposisi matematis peserta didik. Produk yang dihasilkan dinilai layak untuk meningkatkan disposisi matematis berdasarkan ahli materi, ahli bahasa dan ahli media serta dinilai praktis berdasarkan ahli praktisi. Produk yang dihasilkan efektif digunakan untuk meningkatkan disposisi matematis peserta didik ditunjukkan dengan nilai rata-rata pretest sebesar 46,46 meningkat pada posttest sebesar 86,46 dengan nilai gain skor 0,75. Kata Kunci: Komik, Kontekstual, Disposisi Matematis The low mathematical disposition of fourth grade students in elementary schools in mathematics subjects can be overcome one of them by using learning media. This study aims to form a synchronized comic media using a contextual approach that is expected to be able to improve the mathematical disposition of students. The urgency of mathematical disposition is important for students to have. Mathematical disposition is the key to success in learning, especially mathematics. This research is a development research with ADDIE development model. The subjects in this study were expert subjects, that is material experts, linguists, and media experts, as well as subjects of fourth grade students of SD Negeri 2 Palapa as product users. The results of the study produced contextualbased comic media products that were feasible, practical, and effective to use to improve mathematical disposition based on material experts, linguists, and media experts and were considered practical based on expert practitioners. The resulting product is effectively used to improve students' mathematical disposition as indicated by the average pretest score of 46.46, increased in the posttest of 86.46 with a gain score of 0.75. Kata Kunci: Comic, Contextual, Mathematical Disposition

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: 2301146905 . Digilib
Date Deposited: 28 Jul 2023 09:20
Terakhir diubah: 28 Jul 2023 09:20
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/73829

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir