PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF BERBASIS QUIZIZZ PADA PEMBELAJARAN TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR

SITI , ALFIYAH (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF BERBASIS QUIZIZZ PADA PEMBELAJARAN TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (1140Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2395Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2395Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian keterampilan berpikir kreatif berbasis Quizizz. Penelitian ini menerapkan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis Design-Develop-Implement- Evaluate). Instrumen penilaian keterampilan berpikir kreatif berbasis Quizizz diuji coba skala terbatas dengan peserta didik berjumlah 15 peserta didik dengan 3 sekolah yang berbeda (SDN 1 Pasir Gintung, SDN 1 Kota Baru, dan SDN 2 Kampung Baru). Instrumen yang telah diperbaiki diujikan pada skala luas di 3 sekolah (SDN 1 Pasir Gintung, SDN 1 Kota Baru, dan SDN 2 Kampung Baru). Teknik pengumpulan data menggunakan non tes berupa angket, dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. (1) Teknik analisis deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis data dari hasil validasi ahli dan pengguna. (2) Teknik analisis deskriptif kuantitatif digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari skor angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penelitian pengembangan instrumen penilaian keterampilan berpikir kreatif berbasis Quizizz pada pembelajaran tematik peserta didik kelas V sekolah dasar dinyatakan valid (layak digunakan), instrumen soal dikategorikan sensitiv dan praktis. Kata kunci: Instrumen Penilaian, Keterampilan Berpikir Kreatif, Quizizz, Sekolah Dasar. This research and development aims to develop instruments Quizizz-based assessment of creative thinking skills. This study applies the type of development research using the ADDIE model (Analysis Design-Develop-ImplementEvaluate). The Quizizz-based creative thinking skills assessment instrument was tested on a limited scale with 15 students from 3 different schools (SDN 1 Pasir Gintung, SDN 1 Kota Baru, and SDN 2 Kampung Baru). The improved instrument was tested on a large scale in 3 schools (SDN 1 Pasir Gintung, SDN 1 Kota Baru, and SDN 2 Kampung Baru). Data collection techniques using non-test in the form of questionnaires and interviews. Data analysis in this research is descriptive qualitative and quantitative analysis. (1) Qualitative descriptive analysis techniques are used to analyze data from expert and user validation results. (2) Quantitative descriptive analysis techniques are used to analyze the data obtained from the questionnaire scores. The results of this study indicate that research on the development of Quizizz-based creative thinking skills assessment instruments in thematic learning of fifth grade elementary school students is declared valid (suitable for use), the instrument questions are categorized as sensitive and practical. Keywords:Assessment Instrument, Creative Thinking Skills, Quizizz, Elementary School.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: 2301471772 . Digilib
Date Deposited: 31 Jul 2023 01:32
Terakhir diubah: 31 Jul 2023 01:32
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/73833

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir