PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS KEARIFAN LOKAL DENGAN MODEL CONTEKTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

ZUFAIDA, (2023) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS KEARIFAN LOKAL DENGAN MODEL CONTEKTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (89Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (6Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (6Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul berbasis kearifan lokal dengan model CTL yang diharapkan mampu untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian menurut Borg an Gall tahun 2003. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling, populasi penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV SDN 1 Kota Baru dan SDN 2 Sawah Lama, sampel dalam penelitian ini adalah IV A SDN 1 Kota Baru sebagai kelas eksperimen dan IV A SDN 2 Sawah Lama sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian meliputi kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan produk. Kelayakan produk dilihat dari hasil validasi produk tergolong sangat valid, pada segi materi yang menunjukkan hasil rata-rata persentase sebesar 89% dengan interpretasi sangat layak. Segi bahasa yang menunjukkan hasil ratarata persentase sebesar 88% dengan interpretasi sangat layak. Segi media yang menunjukkan hasil rata-rata persentase sebesar 81% dengan interpretasi layak. Intrumen tes yang menunjukkan hasil rata-rata persentase sebesar 94% dengan interpretasi sangat layak. Kepraktisan produk dapat dilihat dari rata-rata persentase respon pendidik sebesar 97% dengan interpretasi sangat praktis, sedangkan respon peserta didik sebesar 93% dengan interpretasi sangat praktis. Efektivitas produk dapat dilihat berdasarkan hasil perbandingan peningkatan hasil belajar peserta didik pada kedua sampel yaitu kelas eksperimen menggunakan produk dan kelas kontrol tidak menggunakan produk. Berdasarkan hasil rekapitulasi membuktikan bahwa pada kelas eksperimen mendapatkan nilai N-Gain sebesar 0,8 dengan kriteria tinggi dan kelas kontrol mendapatkan nilai N-Gain sebesar 0,3 dengan kriteria rendah. Kesimpulannya kelas eksperimen dengan menggunakan modul berbasis kearifan lokal dengan model CTL pada saat pembelajaran di kelas tergolong efektif, hal ini dibuktikan dengan membandingkan rata-rata persentase hasil belajar dalam ranah kognitif pada kedua kelas tersebut. Kata kunci: Modul, Kearifan Lokal, CTL This study aims to develop modules based on local wisdom with the CTL model which are expected to be able to improve student learning outcomes. This study uses research methods according to Borg and Gall 20. The sampling technique used in this study was simple random sampling, the population of this study were teachers and students in grade IV SDN 1 Kota Baru and SDN 2 Sawah Lama, the samples in this study were IV A SDN 1 Kota Baru as the experimental class and IV A SDN 2 Sawah Lama as the control class. The results of the research include the feasibility, practicality, and effectiveness of the product. The feasibility of the product, seen from the results of product validation, is classified as very valid, in terms of material, it shows an average percentage of 89% with a very feasible interpretation. In terms of language which shows an average percentage of 88% with very decent interpretation. The media aspect shows an average percentage of 81% with proper interpretation. The test instrument which shows an average percentage of 94% with a very feasible interpretation. The practicality of the product can be seen from the average percentage of educator responses of 97% with very practical interpretations, while the responses of students are 93% with very practical interpretations. Product effectiveness can be seen based on the results of a comparison of the improvement of students' learning outcomes in the two samples, namely the experimental class using the product and the control class not using the product. Based on the recapitulation results it proves that the experimental class got an N-Gain value of 0.8 with high criteria and the control class got an N-Gain value of 0.3 with low criteria. In conclusion, the experimental class using modules based on local wisdom with the CTL model when learning in class is classified as effective, this is evidenced by comparing the average percentage of learning outcomes in the cognitive domain in the two classes. Keywords: Module, Local Wisdom, CTL

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: 2301096195 . Digilib
Date Deposited: 31 Jul 2023 01:42
Terakhir diubah: 31 Jul 2023 01:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/73841

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir