PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA/SMK (Studi pada Siswa SMA/SMK di Kecamatan Bukit Kemuning Kabupaten Lampung Utara)

TARISA , VALENIA (2023) PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA/SMK (Studi pada Siswa SMA/SMK di Kecamatan Bukit Kemuning Kabupaten Lampung Utara). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (9Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (9Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Salah satu kegunaan teknologi selain mencari ilmu juga berguna untuk mencari hiburan semata contohnya dengan bermain game online yang merupakan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi pada saaat ini, yang menjadi latar belakang penelitian. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah intensitas game online berpengaruh terhadap tingkat motivasi belajar siswa dan bagaimana perbedaan pengaruh bermain game online terhadap tingkat motivasi belajar siswa, ditinjau dari perbedaa gender. Analisis data dengan cara mendeskripsikan hasil penelitian dari data yang terkumpul, menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Penelitian dilakukan dengan menyebar angket yang melibatkan sampel responden sebesar 527 siswa dari populasi sebanyak 2107, yang diambil 25% dari populasi penelitian menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan untuk keseluruhan sampel bahwa 84% responden memiliki tingkat motivasi yang tinggi atau sebanyak 445 responden dari 527 sampel. Selanjutnya untuk intensitas bermain game online, menyatakan bahwa responden penelitian paling banyak berada pada kategori pemain game online ringan dengan persentase 59% atau sebanyak 311 responden dari 527 sampel. Kemudian, untuk tingkat motivasi bagi responden perempuan dan laki-laki menunjukkan hasil analisis data, yaitu bahwa kedua gender memiliki tingkat motivasi yang tinggi. Namun, berdasarkan hasil uji Independent T test dengan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,007 < 0,05, menunjukkan adanya perbedaan pengaruh yang signifikan antara kedua gender. Kata kunci : Game online, Motivasi Belajar

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 001 Ilmu pengetahuan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Teknologi Informasi
Pengguna Deposit: 2301265734 . Digilib
Date Deposited: 31 Jul 2023 08:34
Terakhir diubah: 31 Jul 2023 08:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/73863

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir