PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PBL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK

YENI , SRI PURWATI (2023) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PBL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (92Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3911Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKPD berbasis PBL yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep dan literasi digital peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan desain pengembangan model 4D yang terdiri atas 4 tahapan yaitu define, design, develop, dan disseminate. Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi angket analisis kebutuhan, skalat uji validitas, lembar pengamatan uji keterlaksanaan, instrumen soal, angket ketercapaian literasi digital, dan respon peserta didik terhadap keefektifan e-LKPD berbasis PBL. Hasil Penelitian menunjukan bahwa e-LKPD hasil pengembangan valid, praktis dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep dan literasi digital peserta didik yang ditunjukkan dengan 1) kevalidan produk yeng terdiri atas validasi isi sebesar 89,72% dan validasi konstruk sebesar 87,09% dengan kategori sangat baik; 2) kepraktisan produk, yaitu keterlaksanaan produk 85% dengan kategori sangat baik dan keterbacaan produk 88,64% dengan kategori sangat baik; 3) keefektifan produk, yaitu peningkatan pemahaman konsep dengan nilai N-gain 60,80% termasuk kategori cukup efektif, serta kemampuan literasi digital peserta didik 88,90% termasuk kategori sangat baik. Kata Kunci: E-LKPD, PBL, Pemahaman Konsep, Literasi Digital The research aims to develop valid, practical, and effective PBL-based e-LKPD is to enhance learners' conceptual understanding and digital literacy. The R&D approach is used in this study, using a 4D model development design that consists of four stages: define, design, develop, and disseminate. According to the research findings, e-LKPD valid, practical, and effective development results are used in the learning process to improve students' conceptual understanding and digital literacy, as demonstrated by 1) product validity consisting of content validation of 89.72% and construction validation of 87,09% in the very good category; 2) product practicality, i.e. product implementation of 85% with excellent category and product readability of 88.64% with great category; 3) product effectiveness, i.e. improved concept understanding with N-gain value of 60,80% including quite effective category and students' digital literature ability of 88,90% including very good categories. Keywords: E-LKPD, PBL, Conceptual Understanding, Digital literacy

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2301835862 . Digilib
Date Deposited: 31 Jul 2023 08:48
Terakhir diubah: 31 Jul 2023 08:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/73866

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir