Sandi Dwi Cahyo, 0913022065 (2015) PENGEMBANGAN LKS BERBASIS PROBLEM POSING PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
Text
1. ABSTRAK.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
Text
2. COVER DALAM.pdf Download (318Kb) | Preview |
|
|
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf Download (1027Kb) | Preview |
|
|
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (995Kb) | Preview |
|
|
Text
5. SURAT PERNYATAAN.pdf Download (581Kb) | Preview |
|
|
Text
6. RIWAYAT HIDUP.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
Text
7. MOTTO.pdf Download (108Kb) | Preview |
|
|
Text
8. PERSEMBAHAN.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
Text
9. SANWACANA.pdf Download (52Kb) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR ISI.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
Text
12. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
Text
13. DAFTAR TABEL.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
Text
14. BAB I.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
Text
15. BAB II.pdf Download (566Kb) | Preview |
|
|
Text
16. BAB III.pdf Download (99Kb) | Preview |
|
![]() |
Text
17. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (37Kb) |
|
|
Text
18. BAB V.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (127Kb) | Preview |
Abstrak
Penggunaan media untuk menyampaikan pesan dalam pembelajaran membawa pengaruh positif terhadap minat, motivasi dan hasil belajar siswa. Media pembelajaran secara khusus dapat berfungsi sebagai sarana yang dapat memberikan pengalaman visual kepada siswa untuk mendorong motivasi belajar, memperjelas dan mempermudah konsep yang abstrak serta mempertinggi daya serap dan retensi belajar siswa. Sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan akan media pembelajaran materi Elastisitas dan Hukum Hooke, dikembangkanlah LKS dengan menggunakan problem posing yang dapat digunakan untuk latihan penguasaan konsep. Pengembangan LKS Elastisitas dan Hukum Hooke mengadaptasi model pengembangan media instruksional dari prosedur pengembangan produk dan uji coba produk menurut Suyanto sebagai acuan. Mengacu pada model pengembangan tersebut yang meliputi analisis kebutuhan, identifikasi sumber daya, identifikasi spesifikasi produk, pengembangan produk, uji uji internal oleh ahli, uji eksternal oleh pengguna, dan produksi akhir diperoleh produk LKS yang telah teruji secara internal dan eksternal. Berdasarkan hasil uji internal menunjukkan LKS yang dikembangkan telah sesuai dengan teori dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Pengujian eksternal yang dilakukan memperoleh nilai uji kemenarikan 3,04; uji kemudahan 3,09; dan uji kemanfaatan 3,05. Hal ini menunjukkan kualitas LKS menarik, mudah digunakan dan bermanfaat. Dari uji keefektifannya memperoleh 80% siswa uji telah tuntas KKM. Jadi LKS layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran. Kata kunci : Penelitian Pengembangan, Lembar Kerja Siswa, Problem posing
Tipe Karya Ilmiah: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | L Education > LC Special aspects of education Q Science (General) > QC Physics |
Program Studi: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | 5313791 . Digilib |
Date Deposited: | 27 Feb 2015 04:27 |
Last Modified: | 27 Feb 2015 04:27 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/7390 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |