PENDUGAAN POTENSI STOK KARBON DAN EMISI CO2 BERDASARKAN PERUBAHAN TUTUPAN LAHAN DI SEKITAR KAWASAN MANGROVE KECAMATAN PASIR SAKTI, KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

IMA , MULANI (2023) PENDUGAAN POTENSI STOK KARBON DAN EMISI CO2 BERDASARKAN PERUBAHAN TUTUPAN LAHAN DI SEKITAR KAWASAN MANGROVE KECAMATAN PASIR SAKTI, KABUPATEN LAMPUNG TIMUR. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (31Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3039Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (953Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Mangrove merupakan ekosistem yang memiliki kemampuan untuk menyimpan karbon. Kawasan mangrove di Kecamatan Pasir Sakti setiap tahunnya mengalami penambahan luasan yang disebabkan oleh reboisasi serta pengurangan luasan yang disebabkan oleh degradasi dan deforestasi. Dinamika ini dapat menimbulkan kenaikan atau pengurangan emisi CO2 ke atmosfer. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis stok karbon dan potensi emisi CO2 di kawasan mangrove Kecamatan Pasir Sakti tahun 1995-2022, serta untuk mengetahui hubungan antara luas mangrove, stok karbon, dan emisi CO2. Data tutupan lahan diperoleh dengan menganalisis citra Landsat dari tahun 1995-2022 menggunakan software Arcgis dan Qgis. Stok karbon pada mangrove diperoleh dengan mengalikan luasan mangrove dengan faktor emisi per tutupan lahan. Potensi emisi CO2 diperoleh dari perkalian antara luasan mangrove yang mengalami degradasi maupun deforestasi dengan faktor emisi per tipe tutupan lahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari periode 1995-2022 stok karbon cenderung megalami peningkatan dengan nilai tertinggi terjadi pada tahun 2022 yaitu 96.375,9 ton C yang dipengaruhi oleh adanya peningkatan luasan mangrove. Potensi emisi CO2 pada periode 1995-2022 cenderung mengalami peningkatan saat terjadinya degradasi, namun cenderung menurun dengan laju yang kecil saat peristiwa deforestasi yang disebabkan oleh konversi lahan. Terdapat hubungan berbanding lurus antara stok karbon dan luasan yaitu pada saat luasan meningkat maka stok karbon juga akan meningkat, akan tetapi berbanding terbalik dengan emisi CO2 yang semakin menurun dengan adanya peningkatan luasan mangrove. Kata kunci: Stok karbon, emisi CO2, degradasi, deforestasi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi S1-Ilmu Kelautan
Pengguna Deposit: 2301258095 . Digilib
Date Deposited: 01 Aug 2023 02:51
Terakhir diubah: 01 Aug 2023 02:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/73934

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir