Yusron Darojat, 1013022067 (2015) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Konsep Dualisme Gelombang Partikel. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
Abstrak.pdf Download (87Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Cover Dalam.pdf Download (210Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Hlm. Persetujuan.pdf Download (560Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Hlm. Pengesahan.pdf Download (551Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pernyataan.pdf Download (251Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Riwayat Hidup.pdf Download (110Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Persembahan.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Moto.pdf Download (104Kb) | Preview |
|
|
File PDF
San wacana.pdf Download (116Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Isi.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Tabel.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Gambar.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab i.pdf Download (101Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab ii.pdf Download (499Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab iii.pdf Download (422Kb) | Preview |
|
File PDF
bab iv.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (464Kb) |
||
|
File PDF
bab v.pdf Download (87Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (11Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan data hasil penelitian pendahuluan pada mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Lampung angkatan 2013, diketahui bahwa mereka tidak memahami dengan baik konsep dualisme gelombang partikel yang diperlukan pada pembelajaran fisika kuantum di SMA. Padahal konsep ini penting untuk dipahami oleh siswa SMA dalam memelajari fenomena-fenomena kuantum yang bukan hanya berdampak pada dunia fisika namun dunia ilmu pengetahuan secara keseluruhan. Tidak tersedianya simulasi percobaan menyebabkan mereka sulit memahami konsep yang sangat abstrak ini. Dengan mempertimbangkan masalah-masalah tersebut, maka peneliti mengembangkan media pembelajaran interaktif bertipe tutorial yang menampilkan uraian materi, gambar, animasi, simulasi percobaan, serta latihan soal untuk mengevaluasi pencapaian hasil belajar siswa terhadap pemahaman konsep dualisme gelombang partikel. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan research and development. Langkah-langkah dalam melaksanakan penelitian ini mengacu pada prosedur pengembangan produk menurut Suyanto dan Sartinem yang meliputi tujuh langkah, yatiu: analisis kebutuhan, identifikasi sumberdaya untuk memenuhi kebutuhan, identifikasi spesifikasi produk yang diinginkan pengguna, pengembangan produk, uji internal yang mencakup uji spesifikasi dan uji kualitas produk, uji eksternal yang mencakup uji kemanfaatan produk oleh pengguna, dan produksi. Hasil uji ahli menunjukkan media yang dikembangkan telah sesuai dengan teori fisika kuantum dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil uji satu lawan satu memperlihatkan bahwa siswa dapat menggunakan media dengan baik dan dinyatakan sangat menarik. Sedangkan hasil uji kelompok menunjukkan kualitas media menarik dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran dualisme gelombang partikel. Jadi, dapat disimpulkan bahwa dihasilkan media pembelajaran interaktif konsep dualisme gelombang partikel bertipe tutorial yang telah teruji dengan kualitas menarik dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Kata kunci: dualisme gelombang partikel, media pembelajaran interaktif, penelitian pengembangan
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > QC Physics |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | 4243496 . Digilib |
Date Deposited: | 26 Feb 2015 03:54 |
Terakhir diubah: | 26 Feb 2015 03:54 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/7395 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |