PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MANIPULATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 3 METRO PUSAT

Dinda Aphrodita, 1913053124 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MANIPULATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 3 METRO PUSAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (135Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2554Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2554Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas IV SD Negeri 3 Metro Pusat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis adanya pengaruh yang signifikan pada penggunaan media manipulatif terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode quasi eskperimen desain penelitian yaitu non-equivalen control grup design. Populasi penelitian berjumlah 36 orang peserta didik. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik nonprobability sampling atau sampling jenuh di mana kaseluruhan populasi dijadikan sampel penelitian yaitu 36 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data lain berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana yang menunjukan Fhitung = 22,64 ≥ Ftabel = 4,45 45 dengan persentase ketuntasan kelas eksperimen lebih tinggi dibanding dengan kelas kontrol yaitu 84% > 59%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan media pembelajaran manipulatif berupa peningkatan hasil belajar matematika peserta didik pada kelas IV SD Negeri 3 Metro Pusat. Kata kunci: hasil belajar, media manipulatif, matematika, peserta didik The research problem is the low of mathematics learning outcomes of fourth graders students at SD Negeri 3 Metro Pusat. This research aims to describe and analyze the significant influence of using manipulative learning media on student mathematics learning outcomes. The type of research is quantitative research with an experimental approach. This research used quasi-experiment research design method, which is non-equivalent control group design. The research population amounted to 36 students. Collecting research sampling used nonprobability sampling technique or saturated sampling, where the entire population was used as a research sample, those are 36 students. The other collecting data techniques are observation, interviews and documentation. Data analysis techniques using simple regression tests which showed Fhitung= 22.64 ≥ Ftabel = 4.45 with the percentage of completeness of the experimental class higher than the control class, namely 84%> 59%. The research results showed that there was significant influence of using manipulative learning media on mathematics learning outcomes of fourth graders students at SD Negeri 3 Metro Pusat. Keywords: learning outcomes, manipulative media, mathematics, students

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2301218315 . Digilib
Date Deposited: 01 Aug 2023 03:38
Terakhir diubah: 01 Aug 2023 03:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/73954

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir