TANGGUNG JAWAB BANK TERHADAP NASABAH YANG MENGALAMI KERUGIAN AKIBAT KEJAHATAN SKIMMING (Studi Pada PT. Bank Lampung)

Adilla Putri, Rahmiyati (2023) TANGGUNG JAWAB BANK TERHADAP NASABAH YANG MENGALAMI KERUGIAN AKIBAT KEJAHATAN SKIMMING (Studi Pada PT. Bank Lampung). FAKULTAS HUKUM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (165Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1470Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1730Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Perbankan telah mengalami pembaharuan inovasi sarana prasarana yang dapat memudahkan nasabahnya dalam bertransaksi, yakni berlandas pada metode digital, salah satunya dapat dilihat dalam penggunaan Anjungan Tunai Mandiri (ATM). ATM adalah salah satu sarana bayar yang diakses dengan menggunakan mesin ataupun perangkat khusus yang hanya dapat dioperasikan oleh pihak bank dan nasabah. Dalam praktiknya setiap kemudahan yang ditawarkan oleh penyedia jasa selalu menyisakan celah yang dapat dipergunakan untuk melancarkan aksinya dalam tindak kejahatan. Salah satunya adalah kejahatan skimming, sebagaimana kejahatan ini beberapa waktu yang lalu menimpa nasabah PT. Bank Lampung. Permasalahan dalam penelitian ini adalah mengenai bentuk tanggung jawab bank terhadap nasabah yang mengalami kerugian akibat kejahatan skimming dan upaya apa yang dilakukan para pihak dalam menangani kejahatan skimming. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum normatif empiris, dengan tipe penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan pendekatan perundang undangan dan pendekatan studi kasus live case study. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan studi kepustakaan. Serta analisis data secara kualitatif. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan tanggung jawab riil yang dilakukan PT. Bank Lampung terhadap nasabah yang mengalami kerugian akibat kejahatan skimming yaitu berupa ganti kerugian apabila di dalamnya terdapat unsur kesalahan/kelalaian dari pihak bank. Upaya PT. Bank Lampung dalam menangani kejahatan skimming terdiri dari upaya preventif dan represif. Upaya preventif dilakukan dengan pemasangan tutup pelindung keypad pada mesin ATM, pemasangan alat anti skimmer, memasang himbauan kepada nasabah untuk berhati-hati dalam kegiatan transaksi di mesin ATM, dan menerapkan teknologi chip sebagai pengganti pita magnetik pada kartu ATM. Sedangkan, upaya represif dilakukan dengan pengecekan transaksi nasabah yang diduga janggal, pengembalian dana nasabah yang hilang, dan pembuatan laporan tindakan skimming di kepolisian. PT. Bank Lampung juga menghimbau nasabah untuk mencegah kejahatan skimming dengan cara melindungi kerahasiaan PIN kartu ATM/debit, menggunakan mesin ATM di lokasi bank yang terdapat petugas keamanan, mengenali mesin ATM yang digunakan dengan baik, melakukan cek rekening secara berkala, dan menghubungi contact center resmi PT. Bank Lampung apabila ada transaksi yang mencurigakan. Kata kunci: Tanggung Jawab, Bank, Nasabah, Skimming

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 340 Ilmu hukum
300 Ilmu sosial > 340 Ilmu hukum > 346 Hukum privat, hukum perdata
Program Studi: Fakultas Hukum > Prodi Ilmu Hukum S1
Pengguna Deposit: 2301595663 . Digilib
Date Deposited: 02 Aug 2023 07:41
Terakhir diubah: 02 Aug 2023 07:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74007

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir