PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PEMECAHAN MASALAH PADA MUATAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV SD N 2 SUMBEREJO

Sri Pratiwi, 2023053015 (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PEMECAHAN MASALAH PADA MUATAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV SD N 2 SUMBEREJO. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (19Mb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (19Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (19Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD pemecahan masalah yang layak dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada muatan matematika di kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian dan pengembangan yang digunakan merujuk pada teori Research and Development (R&D) Borg and Gall. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Sumberejo Kecamatan Kemiling Kota Bandar Lampung sebanyak 124 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVD sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik analisa data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan penelaahan data dan analisis deskriptif kuantitatif menggunakan untuk data ahli, kepraktisan produk, validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal, daya pembeda soal, N-gain, normalitas, homogentitas, dan efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata uji ahli 87,24% dengan kriteria sangat layak, uji kepraktisan rata-rata 87,50% dengan kriteria sangat praktis; uji validitas V Aiken LKPD untuk materi sebesar 0,86, media sebesar 0,81, bahasa sebesar 0,82 dengan kriteria sangat valid; uji reliabilitas Cronbach's Alpha materi 0,716, media 0,922, bahasa 0,825 dengan kategori tinggi; rata-rata peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik sebelum dan sesudah penelitian adalah sebesar 26,40%; nilai rata-rata N-Gain adalah sebesar 0,61 dengan kategori sedang; uji efektivitas independent sample t- test: 1) nilai tHitung yaitu sebesar 4,564 dan tTabel (df-60, α=5%) sebesar 1,670, maka tHitung ≥ tTabel, α=5%, 2) nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Hasil penelitian dapat disimpulkan LKPD pemecahan masalah pada muatan matematikauntuk meningkatkan berpikir kritis peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Sumberejo materi keliling dan luas daerah (persegi, persegi panjang, segitiga) layak dan efektif. Kata Kunci : Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Pemecahan Masalah,Kemampuan Berpikir Kritis This study aimed to develop a feasible and effective problem-solving LKPD to improve critical thinking skills in mathematics content in grade IV elementary school. The type of research and development used refers to Borg and Gall's Research and Development (R&D) theory. The population in this study was 124 students in grade IV of State Elementary School 2 Sumberejo, Kemiling, Bandar Lampung. The samples in this study were IVA class as experimental class and IVD class as control class. Data collection techniques in these study were observation, interviews, documentation, and questionnaires. Data analysed techniques used qualitative descriptive analysis with data review and quantitative descriptive analysis using expert data, product practicality, validity, reliability, difficulty level of questions, differentiating power of questions, N-gain, normality, homogeneity, and effectiveness. The results showed an average expert test of 87.24% with very feasible criteria, an average practicality test of 87.50% with very practical criteria; validity test V Aiken LKPD for material of 0.86, media of 0.81, language of 0.82 with very valid criteria; Cronbach's Alpha reliability test of material 0.716, media 0.922, language 0.825 with high category; the average increase in critical thinkingability of students before and after the study was 26.40%; the average value of N- Gain is 0.61 with moderate category; independent sample t-test effectiveness: 1) tCalculate value of 4.564 and tTable (df-60, α=5%) of 1.670, then tCalculate ≥ tTable, α=5%, 2) Sig. (2-tailed) value of 0.000 < 0.05. The results of the study could be concluded that development produced of problem-solving student worksheets in mathematics content to improve critical thinking grade IV students Sekolah Dasar Negeri 2 Sumberejo material around and area (square, rectangular, triangle) feasible and effective. Key Word : Student Worksheets, Problem-Solving, Critical Thinking

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: 2301772159 . Digilib
Date Deposited: 03 Aug 2023 01:51
Terakhir diubah: 03 Aug 2023 01:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74049

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir