USASTIAWATY CIK AYU SAADIAH , ISNAINY (2023) INTERAKSI VISIONARY LEADERSHIP DOSEN, ADAPTIVE CULTURE, RESILIENSI, DAN KINERJA DOSEN: DITINJAU DARI PERSPEKTIF HUMANISTIK DAN BEHAVIORISTIK. [Disertasi]
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (3784Kb) | Preview |
|
File PDF
2. DISERTASI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (5Mb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. DISERTASI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (5Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Kinerja dosen telah mampu menghasilkan para ahli di bidangnya. Namun, lulusan perguruan tinggi lebih tertinggal dari kemajuan dunia. Implementasi kepemimpinan visioner dan keterampilan budaya adaptif yang dilengkapi dengan resiliensi meningkatkan kinerja dosen dan mampu mengantisipasi tuntutan kebutuhan jauh ke depan sehingga menghasilkan lulusan yang kompatibel dengan laju perkembangan dunia. Dengan menggunakan skala pengukuran yang dihasilkan dari riset ini, yang selama ini belum ada instrumen pengukuran prediksi kinerja dosen, perguruan tinggi mampu memproyeksikan kebutuhan dosen yang visioner, adaptif, dan risilien. Metode yang digunakan adalah survei kuantitatif dengan unit analisis dan responden sebanyak 203 dosen dari 32 perguruan tinggi di Provinsi Lampung. Instrumen dikirim ke responden melalui google form. Menganalisis data menggunakan konsep model persamaan struktural (SEM). Hasil utama penelitian menunjukkan skor pengaruh: pertama, variabel laten kepemimpinan visioner terhadap variabel laten resiliensi sebesar -0,889, dan variabel laten kinerja dosen sebesar 0,215; kedua, budaya adaptif terhadap variabel laten resiliensi sebesar 1,724 dan variabel laten kinerja dosen sebesar 0,038; ketiga, variabel laten resiliensi terhadap variabel laten kinerja dosen sebesar 0,599; keempat, secara simultan variabel laten kepemimpinan visioner dan variabel laten budaya adaptif terhadap variabel laten resiliensi sebesar 0,808; kelima, variabel laten kepemimpinan visioner dan variabel laten budaya adaptif terhadap kinerja dosen sebesar 0,660; dan keenam, kepemimpinan visioner terhadap kinerja dosen melalui variabel laten resiliensi sebesar -.533; dan budaya adaptif terhadap kinerja dosen melalui variabel laten resiliensi sebesar 1,032. Peneliti dapat menyimpulkan bahwa dengan memadukan karakteristik pendekatan behaviorisme (visionary leadership) dan pendekatan humanisme (adaptive culture dan resiliensi) sebagai dasar pengelolaan dosen maka dapat tercipta profil dosen berprestasi dan dapat menciptakan profil output dan outcome perguruan tinggi yang berkualitas. Kata kunci: kinerja dosen, resiliensi, visionary leadership, adaptive culture
Jenis Karya Akhir: | Disertasi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Program Studi: | FKIP > Program Studi Doktor Pendidikan (S3) |
Pengguna Deposit: | 2301755538 . Digilib |
Date Deposited: | 03 Aug 2023 04:40 |
Terakhir diubah: | 03 Aug 2023 04:40 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74090 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |