PEMBELAJARAN SENI BUDAYA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE STAD DI SMPN 44 BANDAR LAMPUNG

SITI ANISA , RAHMADANTI (2023) PEMBELAJARAN SENI BUDAYA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE STAD DI SMPN 44 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (174Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3507Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2876Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa) menggunakan model cooperative learning type STAD di SMPN 44 Bandar Lampung berdasarkan konsep (Rusman, 2021: 215). Dalam proses pembelajaran cooperative learning type STAD lebih menekankan kerja sama tim sehingga dengan adanya model pembelajaran ini diharapkan dapat membantu guru dalam menyampaikan materi kepada siswa sehingga membuat siswa lebih aktif, mandiri dan termotivasi dalam proses pembelajaran. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang di peroleh adalah guru seni budaya dan siswa kelas IX.3 di SMPN 44 Bandar Lampung yang berjumlah 40 siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru seni budaya memakai enam langkah STAD dalam empat pertemuan. Pada pertemuan pertama guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan persentasi guru yaitu tentang prosedur penyelenggaraan pameran karya seni rupa. Pada pertemuan kedua guru menginstruksikan kepada siswa untuk membuat kelompok 6-7 orang dan berdiskusi untuk merancang konsep tema pameran seni rupa dari masing-masing kelompok. Pada pertemuan ketiga guru menginstruksikan kepada setiap kelompok untuk membuat karya seni rupa berdasarkan rancangan konsep yang mereka buat pada pertemuan sebelumnya. Pada pertemuan keempat guru menginstruksikan kepada setiap kelompok untuk mempersentasikan hasil karya yang telah dibuat pada pertemuan sebelumnya dan guru memberikan evaluasi serta memberikan penghargaan tim dan individu berupa nilai tambahan dan pujian diakhir pertemuan. Kata Kunci: Seni Budaya, Cooperative Learning, Type STAD. The purpose of this study was to describe the implementation of learning arts and culture (fine arts) using the cooperative learning type STAD model at SMPN 44 Bandar Lampung based on the concept (Rusman, 2021: 215). In the cooperative learning process type STAD emphasizes teamwork so that with this learning model it is hoped that it can assist teachers in conveying material to students so as to make students more active, independent and motivated in the learning process. This research method uses a qualitative descriptive method. Data collection techniques are carried out by means of observation, interviews, and documentation. The data sources obtained were art and culture teachers and class IX.3 students at SMPN 44 Bandar Lampung, totaling 40 students. Data analysis techniques were carried out by means of data reduction, data presentation and drawing conclusions The results of the study showed that the arts and culture teacher used the six. STAD steps in four meetings. At the first meeting the teacher conveyed the learning objectives and the teacher's presentation, namely about the procedure for organizing an exhibition of works of art. At the second meeting the teacher instructs students to form groups of 6-7 people and discuss to design the concept of the theme for an art exhibition from each group. At the third meeting the teacher instructs each group to make a work of art based on the concept design they made at the previous meeting. At the fourth meeting the teacher instructed each group to present the work that had been made at the meeting. Beforehand and the teacher gives an evaluation and gives team and individual rewards in the form of additional value and praise at the end of the meeting. Keywords: Cultural Arts, Cooperative Learning, Type STAD

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 700 Seni, seni rupa, kesenian
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: 2301212308 . Digilib
Date Deposited: 04 Aug 2023 07:50
Terakhir diubah: 04 Aug 2023 07:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74105

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir