ANGGUN , SETIANA (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK SURAT DINAS BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK BAGI PESERTA DIDIK SMP/MTs KELAS VII. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
File PDF
TESIS FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (4Mb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (4Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Keterbatasan bahan ajar yang digunakan pendidik menimbulkan kebutuhan peserta didik terhadap bahan ajar yang beragam. Berdasar pada hal itu, tujuan dari penelitian ini ialah menghasilkan lembar kerja peserta didik, mendeskripsikan kelayakan lembar kerja peserta didik, serta menguji efektivitas lembar kerja peserta didik di kelas VII pada materi pembelajaran surat dinas berbasis pendekatan saintifik. Metode penelitian menggunakan model DDD-E, yaitu decide (menentukan tujuan), design (mendesain prosuk), develop (pengembangan), dan evaluate (evaluasi). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Anak Tuha kelas VII A dan VII B. Sumber data dalam penelitian ini adalah lembar kerja peserta didik surat dinas berbasis pendekatan saintifik. Data dalam penelitian ini adalah hasil penilaian oleh ahli bahan ajar, ahli materi, praktisi, serta hasil uji coba produk dan efektivitas kepada peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan penyebaran angket di dua kelas yang menjadi objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) lembar kerja peserta didik surat dinas untuk peserta didik kelas VII SMP/MTs berhasil dikembangkan dengan basis pendekatan saintifik dan sudah divalidasi. (2) Lembar kerja peserta didik yang dihasilkan memiliki karakteristik, yaitu (a) berisi beberapa komponen (teks, gambar, simbol/tanda, ilustrasi, contoh); (b) bersifat mandiri, artinya peserta didik bisa menggunakan lembar kerja peserta didik ini tanpa bimbingan pendidik atau orang lain karena sudah memuat KI dan KD, indikator, tujuan, dan materi yang lengkap, sintak pembelajaran yang urut, serta petunjuk penggunaannya; (c) bisa secara kelompok atau individu; dan (d) teks yang terdapat dalam lembar kerja peserta didik ini sudah kontekstual dan sesuai untuk peserta didik kelas VII. (3) Lembar kerja peserta didik yang dikembangkan dinyatakan sangat layak dengan persentase penilaian oleh ahli bahan ajar sebesar 87,5 %, ahli materi sebesar 90,63 %, dan praktisi sebesar 98,6 %. (3) Berdasar pada perbandingan pretest, posttest, dan N-gain dari penggunaan lembar kerja peserta didik untuk pembelajaran surat dinas yang dikembangkan mendapatkan nilai sebesar 0,56 pada kelas VII A dan 0,58 pada kelas VII B. Nilai tersebut termasuk dalam kategori sedang sehingga efektif digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci : lembar kerja peserta didik, pendekatan saintifik, surat dinas The problem in this research is how to develop, feasibility, and effectiveness of student worksheets based on a scientific approach for learning official letters for class VII students of SMP/Madrasah Tsanawiyah. The purpose of this study was to produce, describe feasibility, and test the effectiveness of class VII students' worksheets in learning official letters based on a scientific approach. The research method uses the DDD-E model, namely decide (determine goals), design (design products), develop (development), and evaluate (evaluation). This research was conducted at Anak Tuha 1 Public Middle School, grades VII A and VII B. The source of the data in this study were worksheets for official letter students based on a scientific approach. The data in this study are the results of assessments by teaching materials experts, material experts, practitioners, as well as the results of product trials and effectiveness on students. Data collection techniques by interviewing and distributing questionnaires in the two classes that are the object of research. The results showed that (1) official letter student worksheets for class VII students of SMP/MTs were successfully developed on the basis of a scientific approach and have been validated. (2) The student worksheets produced have characteristics, namely (a) contain several components (text, images, symbols/signs, illustrations, examples); (b) is independent, meaning that students can use these student worksheets without the guidance of the educator or other people because they already contain KI and KD, complete indicators, objectives, and materials, sequential learning syntax, and instructions for use; (c) either in groups or individually; and (d) the text contained in the student worksheet is contextual and appropriate for class VII students. (3) The student worksheets that were developed were stated to be very feasible with a percentage of assessment by teaching material experts of 87.5%, material experts of 90.63%, and practitioners of 98.6%. (3) Based on a comparison of the pretest, posttest, and N-gain from the use of student worksheets for learning official letters that were developed, a score of 0.56 was obtained in class VII A and 0.58 in class VII B. This value is included in the category moderate so that it is effectively used in learning. Keyword: student worksheets, scientific approach, official letters.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia |
Pengguna Deposit: | 2301549012 . Digilib |
Date Deposited: | 04 Aug 2023 08:24 |
Terakhir diubah: | 04 Aug 2023 08:24 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74136 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |