LISA , KUMALASARI (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA REALIA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SD ISLAM TERPADU AL MUHSIN METRO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (983Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (4Mb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (4Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas V SD Islam Terpadu Al Muhsin Metro yang disebabkan oleh pendidik yang belum menggunakan media dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan penggunaan media realia terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas V SD Islam Terpadu Al Muhsin Metro dengan jumlah 94 orang peserta didik. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik nonprobability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 orang peserta didik. Teknik analisis data menggunakan uji regresi sederhana. Hasil uji regresi sederhana menunjukkan Fhitung = 8,71 ≥ Ftabel = 4,28. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media realia terhadap hasil belajar matematika paserta didik kelas V SD Islam Terpadu Al Muhsin Metro. Kata Kunci: hasil belajar, matematika, media realia The problem in this research was the low mathematics learning outcomes of fifth grade students of SD Islam Terpadu Al Muhsin Metro caused by educators have not used media in learning. The purpose of this research was to determine there is a significant effect of the use of realia media on the mathematics learning outcomes of fifth grade elementary school students. This type of research is a quantitative research with an experimental approach. This research uses a quasiexperimental method with a non-equivalent control group design research. fifth grade of Al Muhsin Metro Integrated Islamic Elementary School with a total of 94 students. The research sampling technique used purposive sampling. The data collection technique used test and non-test techniques. The sample ini this study amounted to 50 student. The data analysis technique used a simple regression test. The results of the simple regression test showed Fcount = 8,71 ≥ Ftable = 4,28. This shows that there is an effect of the use of realia media on the mathematics learning outcomes of fifth grade students at Al Muhsin Metro Integrated Islamic Elementary School. Keywords: learning outcomes, mathematics, realia media
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 2301714980 . Digilib |
Date Deposited: | 07 Aug 2023 01:54 |
Terakhir diubah: | 07 Aug 2023 01:54 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74137 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |