PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PEMBELAJARAN DENGAN PRAKTIKUM REAL LAB DAN VIRTUAL LAB PHET SIMULATIONS DENGAN MENINJAU GAYA BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK HARMONIK SEDERHANA

FERTINA, FERTINA (2023) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PEMBELAJARAN DENGAN PRAKTIKUM REAL LAB DAN VIRTUAL LAB PHET SIMULATIONS DENGAN MENINJAU GAYA BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK HARMONIK SEDERHANA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (2736Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (6Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (6Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pengambilan data praktikum masih dilakukan secara manual di sekolah. perlunya media pembelajaran alternatif yang tepat sebagai alat bantu dalam praktikum fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains pada pembelajaran dengan praktikum real lab dan virtual lab PhET Simulations dengan meninjau gaya belajar siswa pada materi gerak harmonik sederhana. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Menggala, dengan populasi seluruh siswa kelas X MIPA, dan sampel kelas X MIPA 6 yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen 1 (real lab) dan X MIPA 2 yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen 2 (virtual lab). Desain penelitian yang digunakan yaitu Faktorial 2x3. Analisis data diuji dengan menggunakan analisis N-Gain, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji anova duajalur. Rata-rata N-Gain hasil belajar kognitif pada kelas real lab mengalami kenaikan yaitu 24% dan rata-rata N-Gain sebesar 0,45 dengan kategori sedang, selanjutnya rata-rata N-Gain hasil belajar kognitif pada kelas virtual lab mengalami kenaikan yaitu 22% rata-rata N-Gain sebesar 0,42 dengan kategori sedang. Sedangkan, rata-rata N-Gain keterampilan proses sains pada kelas real lab mengalami kenaikan yaitu 26% dan rata-rata N-Gain sebesar 0,44 dengan kategori sedang, selanjutnya rata-rata N-Gain keterampilan proses sains pada kelas virtual lab mengalami kenaikan yaitu 25% rata-rata N-Gain sebesar 0,43 dengan kategori sedang. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menggunakan uji anova dau jalur diperoleh bahwa nilai Sig.(2-Tailed) > 0,05, maka dapat dinyatakan bahwa H 0 diterima dan H 1 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa praktikum menggunakan real lab dan virtual lab dapat meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains Kata kunci: Hasil Belajar Kognitif, Keterampilan Proses Sains, Real Lab, Virtul Lab,Gaya Belajar, Inquiry Based Learning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Fisika
Pengguna Deposit: 2301641349 . Digilib
Date Deposited: 07 Aug 2023 02:32
Terakhir diubah: 07 Aug 2023 02:32
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74151

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir